Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Air Asia Buka Rute Penerbangan Bali - Phuket

Maskapai Air Asia membuka rute penerbangan Bali - Phuket Thailand mulai Sabtu (10/8/2024) dengan penerbangan perdana membawa 180 penumpang.
Wisatawan di Bandara Ngurah Rai Bali./Ist-Angkasa Pura
Wisatawan di Bandara Ngurah Rai Bali./Ist-Angkasa Pura

Bisnis.com, MANGUPURA - Maskapai Air Asia membuka rute penerbangan Bali - Phuket Thailand mulai Sabtu (10/8/2024) dengan penerbangan perdana membawa 180 penumpang. 

Direktur Utama Indonesia Air Asia, Veranita Yosephine menjelaskan penerbangan perdana QZ 246 ini terbang dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada pukul 16.00 WITA dengan membawa 161 penumpang dan tiba di Phuket International Airport pada pukul 18.40 waktu setempat. Pesawat tersebut dijadwalkan untuk kembali terbang menuju Bali dengan nomor penerbangan QZ 247 pada pukul 19.00 waktu setempat. 

Penerbangan menuju Phuket kurang lebih ditempuh selama empat jam. Air Asia akan melayani rute ini dengan frekuensi terbang sebanyak tiga kali dalam seminggu yakni pada Selasa, Kamis dan Sabtu.

Veranita menjelaskan rute baru ini menghubungkan dua destinasi wisata ikonik di kawasan ASEAN, Bali dan Phuket. Penerbangan ini menjadi rute internasional Indonesia AirAsia keenam yang beroperasi dari hub Denpasar dan rute internasional keempat yang diresmikan tahun ini.

“Dengan rute baru ini, Indonesia AirAsia semakin memperkuat posisinya di pasar penerbangan ASEAN. Bali, destinasi wisata Indonesia yang dikenal akan keindahan alam dan budaya yang khas. Seperti Phuket di Thailand, yang juga menjadi favorit wisatawan untuk menikmati liburan tropis. Kami ingin memberikan pengalaman unik bagi wisatawan untuk menikmati dua destinasi yang memiliki daya tarik serupa dengan budaya yang berbeda,” jelas Veranita di Bali, Sabtu (10/8/2024). 

Phuket sebagai salah satu primadona pariwisata Thailand. Pada semester I 2024 ini, tercatat 17,5 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Thailand. Terbukanya rute ini tentu menjadi sebuah kesempatan bagi Pulau Bali untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara melihat profil pariwisata di Pulau Bali dan Phuket yang cukup serupa. 

Sementara itu, General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan menjelaskan Bertambahnya rute penerbangan langsung dari dan menuju Phuket menambah rute penerbangan langsung yang menghubungkan Pulau Bali dengan Thailand menjadi tiga rute. 

Sebelumnya, rute langsung menuju Thailand dilayani oleh dua rute yakni menuju Bandara Internasional Suvarnabhumi dan Bandara Internasional Don Mueang yang keduanya terletak di Bangkok. Penerbangan menuju Thailand dilayani rata-rata delapan kali dalam sehari di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Sepanjang tahun 2024 hingga bulan Juli, Bandara I Gusti Ngurah Rai mencatat pelayanan kepada 289.130 penumpang datang dan pergi dari kedua rute penerbangan menuju Thailand. Handy menambahkan bahwa terhubungnya Pulau Bali dengan Phuket dapat memberikan dampak yang besar bagi pariwisata Bali. 

“Dengan hadirnya rute penerbangan langsung dari dan menuju Phuket, kami yakin dapat memperkuat posisi Bandara I Gusti Ngurah Rai sebagai hub pariwisata yang berada di ASEAN. Kami optimistis hadirnya rute langsung Phuket akan semakin memperkuat konektivitas kedua negara dan memberikan kontribusi positif bagi sektor pariwisata kedua negara,” ujar Handy.

Dengan bertambahnya rute Phuket, saat ini Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani 38 rute penerbangan internasional dengan dilayani 39 maskapai. Dari Januari hingga Agustus 2024, masih terdapat permohonan penambahan rute oleh beberapa maskapai.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper