Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Ekonomi Hijau : Berburu Sate Ikan Khas Tanjung Lombok Utara

Sate ikan khas Tanjung Lombok Utara, merupakan salah satu kuliner yang wajib diburu
Berburu Sate Ikan Khas Tanjung Lombok Utara. Bisnis/Harian Noris
Berburu Sate Ikan Khas Tanjung Lombok Utara. Bisnis/Harian Noris

Bisnis.com, TANJUNG – Perjalanan Tim Jelajah Bisnis Indonesia ke Kabupaten Lombok Utara untuk meneropong potensi ekonomi hijau diakhiri dengan mampir di kuliner khas Sate Ikan Tanjung yang sudah menjadi icon daerah tersebut.

Sate Ikan Tanjung sangat khas dibandingkan dengan sate lainnya di Indonesia, sate ini diracik dengan bumbu kuning yang dilumuri diatas daging sate sebelum dibakar. Ikan yang digunakan untuk membuat panganan ini adalah ikan cakalang. Selain cakalang, jenis ikan yang banyak digunakan yakni ikan paso ataupun ikan lamoan.

Proses pembuatan sate ikan tanjung ini relatif mudah. Pertama - tama, bahan baku daging ikan yang telah dipotong - potong cukup direndam dalam bumbu yang terdiri dari santan, cabai merah, merica, bawang putih dan rempah - rempah lain.

Perendaman ini dilakukan selama kurang lebih semalaman agar bumbu meresap. Daging ikan yang telah direndam tersebut kemudian ditusuk dengan menggunakan tusukan sate. Setelah itu, sate pun dilumuri dengan bumbu rendamannya. Langkah terakhir, sate dipanggang diatas bara dari arang batok kelapa

Jika berwisata ke Tanjung, sangat mudah menemukan sate ini, tinggal berjalan di sepanjang kota Tanjung anda sudah melihat penjual sate ikan, tinggal memilih tempat untuk membeli. Uniknya para pedagang sate biasanya tidak menyediakan nasi, Jika anda makan ditempat berarti hanya bisa makan sate saja, jika ingin nasi putih, bisa dipesan di tempat lain yang tidak jauh dari lokasi penjual sate ikan.

Dalam sejarahnya, Sate Ikan Tanjung merupakan sajian khas untuk upacara - upacara keagamaan dan perkawinan. namun, seiring perkembangan zaman, saat ini usaha berdagang sate ikan tanjung dijadikan salah satu alternatif sumber mata pencaharian bagi sebagian besar warga Tanjung. 

Konten ini merupakan bagian pemberitaan dari program Jelajah Ekonomi Hijau NTB, perjalanan jurnalistik Bisnis Indonesia Perwakilan Bali Nusra yang didukung oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN), PT ASDP Indonesia Ferry, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bluebird Group, dan XL Axiata.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper