Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Ngurah Rai Terima 605 Extra Flight Selama Periode Nataru

Bandara Ngurah Rai telah menerima 605 permohonan slot penerbangan tambahan (extra flight) untuk periode 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.
Suasana terminal kedatangan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.
Suasana terminal kedatangan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Bisnis.com, DENPASAR - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali bakal semakin ramai selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) setelah sejumlah maskapai mengajukan penerbangan tambahan atau extra flight untuk periode Nataru 2023. 

General Manager Bandara Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan menjelaskan telah menerima 605 permohonan slot penerbangan tambahan (extra flight) untuk periode 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

Adapun dari total slot penerbangan tambahan yang diajukan tersebut tersedia sebanyak 110.294 kursi, yang terdiri dari 302 slot penerbangan kedatangan dan 303 slot penerbangan keberangkatan. 

Terdapat sembilan maskapai yang mengajukan extra flight dari berbagai rute domestik.

“Sifatnya adalah pengajuan, dan kami hitung day of operation-nya atau jumlah hari beroperasi yang diajukan sehingga terlihat cukup banyak pengajuannya. Untuk domestik ada sembilan maskapai yang mengajukan slot tambahan dengan destinasi Jakarta, Surabaya, Lombok, Labuan Bajo, Kupang, Makassar, Wakatobi Maranggo, Tambolaka, Solo, Yogyakarta, dan Banjarmasin.  Sementara untuk internasional, diajukan oleh satu maskapai dengan destinasi Singapura,” jelas Handy dikutip dari siaran pers, Jumat (22/12/2023). 

Puncak pergerakan penumpang menjelang libur Natal diperkirakan terjadi pada Jumat, 22 Desember 2023 sejumlah 72.754 penumpang dengan 408 pergerakan pesawat.

Sementara puncak jumlah penumpang pada periode tahun baru diprediksi terjadi pada Selasa, 2 Januari 2024 yaitu sejumlah 69.237 penumpang dengan 392 pergerakan pesawat.

Menurut Handy, awal libut Nataru akan didominasi oleh penumpang kedatangan, baik domestik maupun internasional. Peningkatan jumlah kedatangan penumpang diperkirakan mulai terjadi sejak Kamis (21/12/2023), dimana kedatangan penumpang juga didorong oleh libur anak sekolah sudah dimulai sehingga kemungkinan akan ada yang mengambil cuti di awal untuk menghindari kepadatan menjelang hari libur Natal. 

Terkait jumlah penumpang hingga saat ini, Handy menjelaskan bahwa sudah terlihat kenaikan jumlah penumpang harian yang dilayani.

“Berdasarkan data kami, sejak Januari hingga November, per hari rata-rata kami melayani 58.000 penumpang. Pada Desember saja hingga kemarin (17/12/2023), rata-rata jumlah penumpang mencapai 60.000. Artinya, jelang masa libur Nataru sudah mulai nampak kenaikan jumlah rata-rata penumpang harian sebesar 3,4%,” ujar Handy.

Sedangkan untuk pergerakan pesawat udara di Periode Nataru juga diperkirakan akan meningkat sebesar 43% dari 6.079 pergerakan pesawat udara di periode Nataru 2022 menjadi 8.674 pergerakan pesawat udara yang diperkirakan akan dilayani pada periode Nataru 2023.

Berdasarkan data kinerja operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga bulan Desember, terdapat 18 rute domestik berjadwal yang dilayani 11 maskapai dan 29 rute berjadwal internasional yang dilayani oleh 34 maskapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper