Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Nataru, Penumpang Bus AKAP Rute Jawa – Bali Diproyeksikan Ramai

Jelang libur panjang Nataru penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) diproyeksikan meningkat drastis dibandingkan pada kondisi normal.
Ilustrasi bus bertempat tidur atau sleeper bus./Repro
Ilustrasi bus bertempat tidur atau sleeper bus./Repro
Bisnis.com, DENPASAR – Jelang libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) diproyeksikan meningkat drastis dibandingkan pada kondisi normal. Meningkatnya penumpang disebabkan karena selain penumpang biasa, wisatawan domestik juga bakal banyak menggunakan bus, terutama wisatawan dari Jawa Timur.
PO Bus sudah menerima order penumpang untuk periode Nataru, bahkan banyak PO bus yang penumpangnya sudah penuh, salah satunya PO Bus Juragan 99. Bus dengan konsep sleeper bus ini sudah menerima order untuk periode Nataru sejak bulan sebelumnya.
Menurut bos Juragan 99, Gilang Widya Pramana menjelaskan slot kursi untuk periode Nataru sudah habis. “Untuk periode Nataru kami sudah penuh baik yang rute Malang – Denpasar maupun rute sebaliknya,” jelas Gilang di Denpasar, Selasa (12/2/2023).
Juragan 99 mengoperasikan dua bus sleeper khusus untuk melayani rute Malang – Denpasar selama periode Nataru. Diproyeksikan penumpang akan penuh dalam saat periode nataru hingga sepekan pasca Nataru. Apalagi rute Malang – Denpasar merupakan salah satu  rute dengan jumlah penumpang yang tinggi.
Selain rute Malang – Denpasar, PO Juragan 99 juga melayani trayek Jakarta – Denpasar via Malang. Rute ini juga menurut Gilang cukup ramai karena memberi pengalaman baru bagi penumpang yang sebelumnya biasa melewati rute lama seperti rute Surabaya.
Animo masyarakat dan wisatawan untuk menggunakan busa memang meningkat, selain fasilitas bus yang semakin memadai dengan harga kompetitif. Mahalnya harga tiket pesawat juga menjadi faktor utama sebagian masyarakat maupun wisatawan domestik beralih menggunakan bus maupun moda transportasi ke Bali.
Selain itu, hadirnya model bus baru seperti bus sleeper, bus sultan. Transformasi  pelayanan di dalam bus dari segi makanan yang semakin berkualitas, fasilitas MCK semakin baik mendorong masyarakat dan wisdom menggunakan bus ke Bali.
Sementara itu, Pelabuhan Gilimanuk juga sudah mulai menambah dermaga untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat Nataru. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah melakukan uji coba sandar Dermaga IV Gilimanuk pada Minggu (10/12) dalam rangka meningkatkan kapasitas dermaga untuk mendukung Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru).
Uji coba sandar Dermaga IV tersebut dilakukan menggunakan KMP Jatra II yang memiliki kapasitas muat kurang lebih 400 kendaraan campuran. ASDP sebagai operator pelabuhan penyeberangan telah melakukan persiapan dalam menghadapi layanan Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru), khususnya kesiapan prasarana layanan penyeberangan di Ketapang-Gilimanuk yang diperkirakan akan ramai jelang libur akhir tahun dimana masyarakat akan berwisata menyeberang ke Bali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper