Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hatten (WINE) Pelopori Agrowisata Anggur di Buleleng

Produsen minuman beralkohol, Hatten (WINE) menjadi pelopor wisata kebun anggur dengan lahan seluas 12 hektare di Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak.
Wisata petik anggur./Ist
Wisata petik anggur./Ist

Bisnis.com, DENPASAR — Produsen minuman beralkohol, Hatten (WINE) menjadi pelopor wisata kebun anggur dengan menyediakan lahan anggurnya seluas 12 hektar di Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng

Direktur Utama PT Hatten Bali Tbk (WINE), Ida Bagus Rai Budarsa atau yang akrab disapa Gus Rai menjelaskan pembukaan agrowisata anggur di kebun produksi Hatten bertujuan untuk mengedukasi wisatawan dan penikmat anggur agar mengenal proses penanaman hingga perawatan anggur yang menjadi bahan baku utama produksi wine.

"Selama ini konsumen tahu wine sudah jadi dan langsung dinikmati. Kami ingin memperkenalkan bagaimana proses mendapat bahan bakunya, sehingga kami membuka agrowisata anggur yang bisa dikunjungi wisatawan terutama penikmat anggur," jelas Gus Rai, Jumat (3/11/2023). 

Di atas lahan seluas 12 hektare, Hatten menanam beberapa jenis anggur seperti shiraz hingga chenin blanc. Kebun anggur ini dikelola secara profesional yang melibatkan 18 pekerja yang direkrut dari warga sekitar kebun. 

Hatten juga menggandeng 20 petani sebagai mitra dengan total luas lahan mitra mencapai 30 hektare yang tersebar di sejumlah titik, termasuk di Sanggalangit.

Menurut Gus Rai, pola kemitraan ini sangat menguntungkan petani karena hasil panen mereka langsung diserap oleh Hatten dengan harga yang sudah disepakati dikontrak. Pola kemitraan ini akan terus dikembangkan oleh Hatten karena dinilai bisa mensejahterakan petani anggur di Buleleng. 

Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjokorda Bagus Pemayun menjelaskan, pembukaan agrowisata anggur oleh Hatten akan menambah geliat wisata di Kabupaten Buleleng. Menurutnya agrowisata anggur sangat cocok karena selama ini Buleleng merupakan sentral anggur Bali. 

"Hadirnya agrowisata ini akan menambah destinasi wisata di Bali Utara. Setelah ini Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng harus membuat travel patten atau paket perjalanan agrowisata anggur, sehingga wisatawan khususnya wisman semakin mengenal dan tertarik untuk datang," jelas Bagus Pemayun. 

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, menjelaskan akan segera menerbitkan paket perjalanan wisata agrowisata anggur, lokasi kebun anggur Hatten yang strategis, terletak diantara dia destinasi terkenal yakni Lovina dan Menjangan akan memudahkan guide maupun travel agent untuk menarik wisatawan untuk berkunjung. 

"Paket perjalanan wisata kami akan bawa ke asosiasi travel agent seperti Asita agar bisa langsung ditawarkan ke wisatawan yang mereka bawa," ujar Dody. 

1698994537_2781208f-8329-452a-b407-4200aafd1e14.
1698994537_2781208f-8329-452a-b407-4200aafd1e14.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper