Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada MotoGP, Permintaan Avtur di Lombok Naik 190 Persen

Konsumsi avtur di Lombok, NTB diproyeksikan bakal naik 190 persen dampak dari event MotoGP Mandalika yang akan dilaksanakan pada 13-15 November 2023.
Tribun penonton di posisi start balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/3/2022)./Bisnis-Arnis Wigati
Tribun penonton di posisi start balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/3/2022)./Bisnis-Arnis Wigati

Bisnis.com, DENPASAR — Konsumsi avtur di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) diproyeksikan bakal naik 190 persen dampak dari event MotoGP Mandalika yang akan dilaksanakan pada 13-15 November 2023.

Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Dwi Puja Ariestya menjelaskan naiknya konsumsi avtur karena adanya penerbangan di Bandara Internasional Lombok baik penerbangan penumpang maupun kargo. 

"Selama 7 hari dari 12 - 18 Oktober 2023 permintaan avtur diproyeksikan mengalami kenaikan lebih dari 190 persen atau sebesar 198 kl dari normal harian 68 kl. Kami akan memastikan suplai avtur pesawat terbang tercukupi dengan mempersiapkan upgrading stok untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi avtur selama perhelatan lomba balap motor tersebut berlangsung," jelas Ari dari keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (9/10/2023). 

Sedangkan untuk BBM, Pertamina akan membuild up stok BBM mencapai 60 persen lebih di SPBU, dikarenakan terdapat proyeksi peningkatan sales sebesar 43 persen persen atau sebesar 2.747 kl dari rata-rata normal harian sebesar 2.214 kl. Hal tersebut dilakukan karena jumlah kendaraan roda dua maupun roda empat atau lebih pada saat perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia nanti diprediksi akan meningkat.

Terminal BBM Ampenan akan menambah transportir dan jam layanan operasional ditambah 4 jam lebih awal. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan beberapa layanan tambahan di antaranya Layanan 24 Jam untuk SPBU jalur wisata saat gelaran MotoGP 2023 dan 1 Modular Khusus Pertamax Turbo untuk konsumsi BBM operasional race termasuk safety car.  

“Masyarakat diimbau membayar menggunakan nontunai untuk mempercepat antrean pengisian BBM. Saat ini di Lombok terdapat jalur khusus pembayaran nontunai MyPertamina Line untuk mempercepat pelayanan dan memangkas antrean,” ujar Ari. 

Untuk mendukung kemeriahan event MotoGP di Mandalika, Pertamina akan memberikan merchandise exclusive MotoGP dalam Program GP Experience kepada para pelanggan setia Pertamax Turbo dan Pertamina Dex yang berlangsung dari tanggal 10 sampai dengan 15 Oktober 2023.

Dukungan Pertamina tidak terbatas hanya dalam kegiatan turnamen balap MotoGP saja, namun juga ikut mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan Mandalika dan sekitarnya melalui bazar UMKM yang diadakan pada saat perhelatan balap motor tersebut.

Sebanyak 40 pelaku UMKM yang berasal dari masyarakat sekitar pulau Lombok turut berpartisipasi dalam bazar UMKM Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika. Harapannya event ini memberikan kemaslahatan bagi masyarakat Lombok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler