Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Melonjak, Arus Lalu Lintas Sekitar Ngurah Rai Direkayasa

Rekayasa lalu lintas setiap hari Jumat dilakukan guna mengatasi peningkatan arus kendaraan di sekitar Bandar Internasional Ngurah Rai.
Sejumlah wisatawan keluar dari pintu kedatangan terminal internasional Bandara Ngurah Rai./Bisnis
Sejumlah wisatawan keluar dari pintu kedatangan terminal internasional Bandara Ngurah Rai./Bisnis

Bisnis.com, MANGUPURA – Angkasa Pura I (AP I) dan Kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas setiap hari Jumat imbas meningkatnya arus kendaraan di sekitar Bandar Internasional Ngurah Rai jelang akhir pekan yang merupakan puncak kedatangan wisatawan.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah RaiBali, Handy Heryudhitiawan menjelaskan bahwa penyesuaian arus lalu lintas tersebut tidak dilaksanakan setiap hari, melainkan hanya dilaksanakan di Hari Jumat jelang akhir pekan pada pukul 12.00 – 21.00 WITA.

Rekayasa lalu lintas dilakukan lantaran pihaknya melihat adanya kecenderungan peningkatan jumlah penumpang pada akhir pekan. Menurut catatan AP I, pada Agustus saja, terdapat peningkatan penumpang sebanyak 5 persen di setiap akhir pekan. Tentunya peningkatan penumpang tersebut memiliki dampak pada kepadatan lalu lintas di sekitar bandara.

Pada Agustus, tercatat rata-rata harian kendaraan roda dua yang keluar masuk Bandara Ngurah Rai mencapai 6.661 unit kendaraan, sedangkan kendaraan roda empat mencapai 27.111 kendaraan.

“Demi menjaga kenyamanan pengguna jasa dan kelancaran masyarakat untuk berkendara di sekitar bandara, kami lakukan uji coba rekayasa lalu lintas di sekitar bandara dan rekayasa ini tidak bersifat permanen melainkan situasional. Jika tidak terjadi kepadatan maka alur lalu lintasnya tidak berubah atau sama seperti hari-hari biasa,” jelas Handy dikutip dari siaran pers, Kamis (21/9/2023).

Adapun penyesuaian arus lalu lintas yang dilakukan adalah dari arah exit toll Bali Mandara, Jalan Airport Ngurah Rai atau jalan akses bandara hanya dapat dilalui oleh kendaraan yang akan menuju bandara saja. Sementara itu, akses menuju Kuta melalui persimpangan di depan pintu masuk bandara akan dialihkan. Pada rekayasa lalu lintas ini, akses menuju Kuta hanya melalui jalan raya Tuban di persimpangan patung Satria Gatotkaca. Sedangkan untuk akses keluar dari bandara tidak terjadi perubahan. 

Bagi pengendara yang akan menuju Kuta dari arah toll Bali Mandara, namun terlewat persimpangan patung Satria Gatotkaca dapat berputar balik di depan gedung Wisti Sabha. Pada uji coba kali ini akan dilaksanakan sistem buka-tutup jalan, sehingga rekayasa lalu lintas dilaksanakan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan. Telah tersedia pula rambu-rambu pendukung. Kami mohon agar pengemudi kendaraan memperhatikan rambu-rambu tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler