Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pj Bupati Gianyar Diminta Hilangkan Kemiskinan Ekstrem

Penjabat Gubernur Bali melantik I Dewa Tagel Wirasa sebagai Penjabat Bupati Gianyar pada Rabu (20/9/2023).
Prosesi Pelantikan Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa pada Rabu (20/9/2023) di Kantor Gubernur Bali./Ist
Prosesi Pelantikan Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa pada Rabu (20/9/2023) di Kantor Gubernur Bali./Ist

Bisnis.com, DENPASAR – Penjabat Gubernur Bali melantik I Dewa Tagel Wirasa sebagai Penjabat Bupati Gianyar pada Rabu (20/9/2023). Dewa Tagel menggantikan I Made Agus Mahayastra yang masa jabatannya sebagai Bupati Gianyar habis per September 2023.

Dewa Tagel sebelum terpilih sebagai Pj Bupati Gianyar merupakan merupakan Kepala BPKAD Provinsi Bali. Menjabat sebagai Pj Bupati selama satu tahun kedepan, Dewa Tagel diberi sejumlah tugas oleh pemerintah pusat yang harus dijalankan di Gianyar. Masalah yang menjadi sorotan antara lain masih adanya kemiskinan ekstrem di tengah penduduk Gianyar, kemudian kasus stunting.

Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya menjelaskan masih ada 1,38 persen penduduk Gianyar masuk dalam kategori miskin ekstrem, angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan kemiskinan ekstrem Provinsi Bali yang hanya 0,54 persen. Dewa Tagel dituntut dalam masa jabatannya bisa menurunkan atau menghilangkan kemiskinan ekstrem di Gianyar.

“Persentase kemiskinan di Gianyar, termasuk di dalamnya ada kemiskinan ekstrem masih lebih tinggi dibanding kemiskinan Provinsi Bali. Ini menjadi PR bagaimana menurunkan angka kemiskinan di Gianyar, termasuk kasus stunting dengan pemenuhan gizi anak,” jelas Made, Rabu (20/9/2023).

Angka stunting di Gianyar menurut Made mengalami kenaikan dari 5,3 persen di 2021, menjadi 6,3 persen pada 2022. Kenaikan ini menjadi pekerjaan rumah bagi Pj Bupati karena pemerintah pusat menargetkan agar kasus stunting turun di 2023 dan 2024.

Selain soal kemiskinan dan stunting, semua Pj Bupati yang ada di Bali diminta untuk mempermudah masuknya investasi ke daerah guna mengejar target investasi dan pertumbuhan ekonomi daerah. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) nilai investasi asing yang masuk ke Gianyar pada 2022 Rp944,09 miliar, naik dibanding 2021 senilai Rp618,81 miliar. 

Gianyar merupakan salah satu pusat pariwisata Bali, destinasi unggulan antara lain Ubud yang dikenal sebagai pusat kesenian dan kerajinan Bali. Kemudian Ubud juga dikenal memiliki pemandangan sawah terasering yang digemari banyak wisatawan mancanegara.  Investasi yang masuk ke Gianyar juga mayoritas di lapangan usaha akomodasi seperti hotel, villa dan restoran.

Dewa Tagel juga diminta untuk menjaga kondusifitas daerah jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler