Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Investasi Sasambo : BNI Dorong UMKM NTB Garap Pasar Ekspor

BNI terus mendorong kemajuan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hingga bisa mengirim produk unggulannya di luar negeri melalui program Xpora.
Logo BNI di salah satu gedung perkantoran Jakarta. /Bloomberg-Dimas Ardian
Logo BNI di salah satu gedung perkantoran Jakarta. /Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, MATARAM – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI terus mendorong kemajuan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hingga bisa mengirim produk unggulannya di luar negeri melalui program Xpora.

Area Head BNI Regional Office 08, Mustaqiem, menjelaskan Untuk mendukung UMKM di NTB, BNI juga tengah menjalankan serangkaian program terintegrasi yang diharapkan dapat membantu pelaku usaha kecil yang sedang merintis bisnisnya dari tahap awal, hingga kemudian berkembang menjadi pelaku usaha sukses yang berorientasi ekspor.

BNI membagi program pemberdayaan UMKM menjadi dua kelompok, yaitu program pendampingan untuk UMKM dalam pengembangan usaha, dan program pembiayaan pada program pendampingan.

BNI selalu mendampingi pelaku usaha kecil menuju Go Productive, yang berujung pada peningkatan kapasitas produksi, dan berlanjut ke tahap pengembangan nilai tambah pada Produk dan Jasa UMKM, hingga akhirnya sanggup menjangkau pasar ekspor.

Dalam program pembiayaan, BNI siap dengan KUR untuk pelaku usaha yang feasible namun unbankable, hingga mereka menjadi layak menerima kredit komersial (ketika pengusaha sudah feasible dan bankable).

"Tidak hanya berhenti pada pembiayaan, BNI juga fokus pada mempertemukan UMKM binaan BNI dengan potential buyer baik dari nasabah menengah maupun korporasi BNI, sehingga tercipta value chain yang saling menguntungkan," lanjutnya.

Setelah membawa UMKM menjadi Go Digital, tahap selanjutnya adalah membawa UMKM tersebut menjadi layak untuk Go Global.

Para UMKM terpilih akan melalui rangkaian seleksi, mulai dari kurasi produk, kemudian masuk ke tahap inkubasi, dimana pelaku usaha diberi kesempatan untuk menjelaskan keunggulan produknya dan menyempurnakan konsep produknya.

"Semua layanan digital yang dimiliki BNI diharapkan dapat memudahkan dan mendekatkan nasabah dengan akses perbankan," ujar Mustaqiem.

Program Jelajah Investasi Sasambo didukung oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero), Pertamina Patra Niaga, PT PLN (Persero), Ooredoo Hutchison (Indosat), PT XL Axiata Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler