Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Investasi Sasambo : Pelabuhan Kayangan Bersiap Terima Limpahan Wisatawan Sirkuit Pertamina Mandalika

Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur yang menghubungkan Pulau Lombok dan Sumbawa meningkatkan layanan seiring berkembangnya sektor pariwisata dan investasi di NTB.
Aktivitas bongkar muat di salah satu dermaga di Pelabuhan Kayangan. Pelabuhan Kayangan merupakan pelabuhan yang dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry yang menghubungkan pulau Lombok dan Sumbawa./Bisnis
Aktivitas bongkar muat di salah satu dermaga di Pelabuhan Kayangan. Pelabuhan Kayangan merupakan pelabuhan yang dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry yang menghubungkan pulau Lombok dan Sumbawa./Bisnis

Bisnis.com, MATARAM – Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur yang menghubungkan Pulau Lombok dan Sumbawa terus berinovasi meningkatkan layanan seiring dengan berkembangnya sektor pariwisata dan investasi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dari hasil perjalanan tim jelajah Bisnis Indonesia di Pelabuhan Kayangan, terlihat aktivitas di pelabuhan kayangan ramai dan lancar. Di malam hari pelabuhan tetap ramai dengan arus kendaraan penumpang maupun logistik. Kapal yang melakukan bongkar muat di Pelabuhan tidak pernah sepi.

General Manager Pelabuhan Kayangan, Agus Djoko Triyanto, menjelaskan bongkar muat kapal maksimal 35 menit, sehingga penumpang tidak perlu menunggu lama untuk berangkat ke pelabuhan Poto Tano.

Djoko menjelaskan saat ini kapal yang beroperasi sebanyak 27 unit, dan beroperasi selama 24 jam penuh. Kapal yang disediakan mulai dari kapal ukuran sedang yang bisa memuat 24 kendaraan dan kapal besar dengan kapasitas 30 unit kendaraan.

Pelabuhan yang dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) saat ini sedang melakukan peningkatan layanan dengan merenovasi ruang tunggu penumpang agar lebih representatif atau memadai. ASDP sadar setelah adanya sirkuit Pertamina Mandalika dengan event MotoGp yang dihelat setiap tahun.

“Sejak adanya event MotoGp di Mandalika, kami selalu menerima limpahan wisatawan. Setelah mereka menonton MotoGp, mereka akan menyeberang ke Sumbawa untuk berwisata ke sejumlah destinasi seperti Pulau Kanawa, ke Pulau Moyo. Oleh sebab itu kami juga terus melakukan peningkatan layanan seperti merenovasi ruang tunggu penumpang dan mempercantik pelabuhan Kayangan,” jelas Djoko kepada Bisnis, Kamis (31/8/2023).

Di luar event Mandalika, sudah mulai banyak para wisatawan mancanegara yang menyebrang dari pelabuhan Kayangan ke Sumbawa. Para wisman biasanya menggunakan sepeda motor dan mobil, para wisman yang ke Sumbawa biasanya untuk melakukan olahraga surfing di pantai – pantai yang ombaknya bagus, seperti pantai Kertasari, Sekongkang di Sumbawa Barat, hingga pantai Lakey di kabupaten Dompu. Selain itu, komunitas sepeda motor juga semakin banyak melakukan touring ke Sumbawa melalui pelabuhan Kayangan.

Walaupun belum setenar Bali, Sumbawa tidak kalah dengan Bali secara destinasi, banyak pantai yang indah dan pulau – pulau kecil yang menawan seperti Kenawa, Moyo yang cocok untuk wisata backpacker, keluarga hingga komunitas. Event di sirkuit Pertamina Mandalika yang semakin ramai, mulai berdampak ke Sumbawa, tidak sedikit pada wisatawan yang ke Mandalika saat event MotoGp, MXGP maupun World Superbike mulai melirik paket wisata ke Sumbawa. 

Program Jelajah Investasi Sasambo didukung oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero), Pertamina Patra Niaga, PT PLN (Persero), Ooredoo Hutchison (Indosat), PT XL Axiata Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler