Dubes Kecewa Visa on Arrival Pelancong Ukraina ke Bali Dicabut

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengungkapkan kekecewaannya atas pernyataan Gubernur Bali I Wayan Koster untuk mencabut Visa turis Ukraina.
Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin
Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengungkapkan kekecewaannya atas pernyataan Gubernur Bali I Wayan Koster yang mengusulkan segera mencabut Visa on Arrival (VoA) untuk pelancong Ukraina ke Pulau Dewata.

Vasyl mengaku sangat kecewa dengan usulan tersebut bahkan menurutnya masukan tersebut sama sekali tidak jelas asal usulnya.

"Jujur saya sangat kecewa," tutur Vasyl Hamianin dalam konferensi pers secara online, Selasa (14/3/2023).

Vasyl menjelaskan bahwa usulan Gubernur Bali sama sekali tidak berdasar sebab berdasarkan statistik dari pemerintah Indonesia, jumlah warga negara Ukraina yang dituduh melakukan tindak kejahatan relatif sedikit.

"Berdasarkan data sejak 2019-2023 hanya ada delapan warga Ukraina yang di deportasi dari Indonesia, sedangkan yang masuk penjara ada lima, jumlah ini hitungan jari dan seharusnya bukan menjadi tindak kejahatan yang serius," lanjutnya.

Dubes menjelaskan warga Ukraina memiliki alasan yang kuat mengapa meninggalkan negaranya untuk sementara waktu.

"Saya sempat berbicara dengan warga Ukraina di Bali, mereka mengaku ingin segera kembali ke Ukraina namun karena situasi titak memungkinkan yang disebabkan invasi Rusia, mereka memiliki tinggal di Indonesia dan kembali ketika semua terkendali," tuturnya.

Vasyl menegaskan jika warga Ukraina melanggar aturan atau melakukan tindak kejahatan sudah sepantasnya individu tersebut di hukum. Namun, tidak dengan satu orang yang melakukan masalah langsung berdampak ke satu warga negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper