Besok World Superbike Mandalika Digelar, Begini Pertarungannya

Sebanyak 750 awak dan pebalap ajang Wolrd Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit pada 11-13 November 2022 sudah tiba di Lombok.
Sejumlah kru berada di paddock Tim Aruba.it Racing-Ducati di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/11/2022)./Antara-Ahmad Subaidi.
Sejumlah kru berada di paddock Tim Aruba.it Racing-Ducati di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/11/2022)./Antara-Ahmad Subaidi.

Bisnis.com, JAKARTA - Pebalap Kawasaki Jonathan Rea sangat antusias bisa kembali membalap di Indonesia jelang World Superbike (WSBK) Mandalika 2022 yang akan digelar besok hingga 13 November.

"Saya sangat antusias kembali ke Mandalika dan Indonesia. Karena tahun lalu adalah pengalaman pertama kami terhadap trek ini. Saya sangat menikmatinya seluruh rangkaian acaranya, dari desain sirkuit hingga atmosfernya," kata Rea dikutip dari akun resmi Instagram-nya.

Pebalap asal Irlandia Utara tersebut juga memuji sambutan luar biasa dari fans Indonesia di WSBK Mandalika tahun lalu.

Rea berhasil finis di posisi pertama dalam Race 1 dan Race 1 di Mandalika tahun 2021, meski balapan berlangsung dalam cuaca buruk.

Jonathan Rea saat ini menempati peringkat 3 dalam klasemen pebalap, dengan 409 poin. Peluangnya menjadi juara WSBK 2022 sangat kecil karena terpaut terpaut 98 angka dari Alvaro Bautista di peringkat 1 dengan menyisakan dua seri balapan yaitu Sirkuit Mandalika dan Sirkuit Philip Island di Australia.

Penasaran Menaklukkan Mandalika

Pebalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu mengatakan bahwa dia lebih fokus untuk juara di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, 11-13 November dan mengesampingkan perebutan gelar juara World Superbike (WSBK) 2022.

"Bagi saya, gelar juara saat ini tidak penting, jarak sudah jauh jadi saya hanya fokus dari balapan ke balapan," kata Toprak Razgatlioglu di situs resmi Pata Yamaha pada Kamis.

Tahun lalu pebalap asal Turki tersebut menjadi juara dunia WSBK di Mandalika, meski gagal finis pertama pada dua balapan yang berlangsung di Sirkuit Mandalika.

Pada balapan pertama, Toprak hanya finis kedua. Sementara pada balapan kedua, pembalap 26 tahun itu finis di peringkat keempat.

Dia mengaku masih penasaran untuk menaklukkan Sirkuit Mandalika sebagai pebalap tercepat.

"Ada sesuatu yang hilang tahun lalu di Indonesia, saya hanya menempati peringkat kedua di balapan," kata Toprak.

"Sekarang, saya bertekad untuk berada di podium pertama," ujarnya.

Pebalap dan Crew 750 Orang

Sementara itu, sebanyak 750 awak dan pebalap ajang Wolrd Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit pada 11-13 November 2022 sudah tiba di Lombok setelah Rabu ini mendarat di Bandara Internasional Lombok.

"Kedatangan pebalap dan kru itu dilakukan secara sendiri-sendiri dan tidak lagi menggunakan pesawat carter," kata Direktur utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria dalam keterangan tertulis di Praya, Rabu (9/11/2022).

Pebalap datang sendiri-sendiri adalah karena tidak lagi menggunakan sistem bubble dan tidak lagi menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Mereka datang sendiri-sendiri menggunakan penerbangan komersial yang mereka pilih karena alasan jadwal pesawat yang lebih fleksibel, lebih murah dan karena mereka menjadi bisa menyesuaikan kedatangan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper