Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemulihan Pariwisata Jadi Kunci Bangkitkan Perekonomian Bali

Bali merupakan etalase pariwisata Indonesia, oleh karena itu wajar bila pemerintah khususnya pusat sangat memperhatikan kondisi Bali saat ini.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 13 Agustus 2022  |  23:00 WIB
Pemulihan Pariwisata Jadi Kunci Bangkitkan Perekonomian Bali
Berkano di Danau Batur bisa menjadi alternatif kegiatan wisata ketika berlibur di Bali. - Bisnis/Tim Jelajah Jawa/Bali 2019
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah pihak menyatakan bahwa diperlukan upaya strategis pemerintah bersama semua stakeholder, untuk memulihkan pariwisata yang menjadi tonggak perekonomian Bali, pasca terpuruk akibat hantaman pandemi Covid-19.

"Setidaknya mengembalikan kondisi ekonomi seperti tahun 2019 dimana kunjungan wisatawan domestik ke Bali mencapai 10,5 juta dan wisatawan mancanegara mencapai 6,3 juta," kata advokat, kurator dan pengurus dari Wibhisana & Partner, Yudhi Wibhisana, pada acara Bankruptcy dan Restructuring Forum 2022, seperti dikutip, Sabtu (13/8/2022).

Acara talkshow digelar dengan tema  Recover (Bali) Together : Menanti Solusi Pemulihan dan Kelangsungan Usaha yang diselenggarakan oleh The Calixto bekerjasama dengan KADIN Bali, PHRI Bali, PERBARINDO dan Rekan rekan Sejawat yang fokus pada pemulihan ekonomi Bali, di kawasan Sanur, Bali, (11/8/2022).

Yudhi menjelaskan, Bali merupakan etalase pariwisata Indonesia, oleh karena itu wajar bila pemerintah khususnya pusat sangat memperhatikan kondisi Bali saat ini.

"Jika ini berhasil, maka pertumbuhan ekonomi Bali akan mencapai 5,3%, melebihi pertumbuhan ekonomi nasional dengan kontribusi sektor pariwisata (sektor tersier) mencapai 61% dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDBR) Bali," imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka A.A. Sukawati yang biasa dipanggil Cok Ace, juga menyampaikan kondisi perekonomian Bali sempat menjadi yang terendah di Indonesia akibat pandemi.

Dirinya berharap upaya dari seluruh stakeholder dapat mengembalikan perekonomian Bali seperti sebelum pandemi. “Karena diperlukan upaya dari berbagai pihak yang intinya bagaimana menyelamatkan ekonomi Bali,” harapnya.

Hadir pada acara tersebut Gede Agus Maha Usadha, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan lndustri lndonesia (KADIN) Provinsi Bali Bidang Pariwisata dan lnvestment, Ryanto Piter, Akuntan Publik Joachim Adhi Piter Poltak & Rekan, Putu Subada Kusuma, Wakil Ketua Bidang Legal PHRI BPD Provinsi Bali, dan Darmawijaya, Perwakilan industry BPR yang di moderatori oleh Raja Basar A N Harefa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali Pariwisata
Editor : Puput Ady Sukarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top