Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Indonesia Proyeksi Ekonomi Bali Menguat pada Kuartal III/2022

Berbagai pembangunan infrastruktur, dan event pendukung menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 juga mendorong pertumbuhan ekonomi Bali.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  13:43 WIB
Bank Indonesia Proyeksi Ekonomi Bali Menguat pada Kuartal III/2022
Warga melakukan yoga bersama di atas kapal Marina Srikandi 15 yang sedang berlayar di kawasan Selat Badung, Bali, Sabtu (6/8/2022). Kegiatan yoga di atas kapal wisata tersebut dilakukan untuk mengajak masyarakat agar aktif berolahraga serta membantu mempromosikan kembali sektor pariwisata bahari di Bali yang terdampak pandemi Covid-19. - Antara/Fikri Yusuf.
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Ekonomi Provinsi Bali diproyeksikan semakin menguat pada kuartal III/2022 seiring dengan semakin terbukanya sektor pariwisata.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali memproyeksikan sektor pariwisata semakin membaik karena wisatawan mancanegara yang datang ke Bali diprediksi semakin meningkat. Peningkatan kedatangan wisman didorong oleh semakin banyaknya direct flight dari luar negeri ke Bali. Saat ini terdapat 21 rute internasional yang langsung ke Bali berasal dari 12 negara. Penerbangan internasional ke Bali dilayani oleh 23 maskapai.

Penguatan ekonomi Bali juga didorong oleh percepatan vaksinasi booster dan vaksinasi booster kedua bagi tenaga kesehatan. Selain itu pengendalian terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) juga semakin baik.

Kepala Perwakilan BI Bali, Trisno Nugroho, menjelaskan berbagai pembangunan infrastruktur, dan event pendukung menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 juga menjadi pendorong bagi pertumbuhan ekonomi pada Bali di kuartal III/2022.

"Melihat berbagai indikator yang semakin baik, kami memproyeksikan pada kuartal III/2022 ekonomi Bali semakin menguat," jelas Trisno dari keterangan resminya, Senin (8/8/2022).

Pada kuartal II/2022, ekonomi Bali berhasil tumbuh positif 3,04 persen (yoy). Pertumbuhan positif didorong oleh event Pesta Kesenian Bali (PKB), pertemuan tingkat menteri negara G20 dan semakin banyaknya wisman yang masuk ke Bali. Selain itu, hari besar keagamaan seperti Galungan dan Kuningan, perayaan hari raya Idulfitri turut mendongkrak perekonomian Bali.

"Kinerja industri pengolahan juga meningkat karena meningkatnya permintaan setelah sektor pariwisata dibuka. Permintaan terhadap hasil industri pengolahan juga meningkat dari pasar global," kata Trisno.

Pardagangan Bali ke luar negeri juga meningkat pada kuartal II/2022, didorong oleh semakin banyaknya penerbangan langsung ke luar negeri yang bisa membawa barang ekspor ke negara tujuan. Selain itu, konsumsi rumah tangga juga mengalami pertumbuhan didorong oleh musim libur sekolah pada Juli 2022. (C211)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top