Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bali Jadi Tuan Rumah World Water Forum

Bali dinyatakan terpilih setelah memperoleh 30 suara dalam pemilihan tersebut. Dalam pemilihan itu, Bali bersaing dengan Roma, Italia.
Program Pemuliaan Air di hulu Sungai Tukad Oos, Bali, Rabu (16/3/2022)./Antara-Dokumentasi Stafsus Presiden RI
Program Pemuliaan Air di hulu Sungai Tukad Oos, Bali, Rabu (16/3/2022)./Antara-Dokumentasi Stafsus Presiden RI

Bisnis.com, JAKARTA - Bali terpilih sebagai tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan diselenggarakan pada 2024, kata Kementerian Luar Negeri dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (21/3/2022).

Pemilihan telah dilakukan dalam pertemuan Dewan Gubernur World Water Council (WWC) ke-9 di Dakar, Senegal pada 19 Maret 2022.

Dalam pemilihan itu, Bali bersaing dengan Roma, Italia. Untuk terpilih, kandidat harus memperoleh dukungan terbanyak, yakni minimal 19 dari 36 suara.

Bali dinyatakan terpilih setelah memperoleh 30 suara dalam pemilihan tersebut.

Terpilihnya Bali merupakan bentuk kepercayaan masyarakat internasional terhadap peran kepemimpinan dan komitmen Indonesia dalam isu pengelolaan air, kata Kemenlu RI dalam keterangan tertulisnya.

Akses terhadap air bersih dan sanitasi merupakan salah satu elemen penting dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Kemenlu RI menyampaikan bahwa Indonesia secara konsisten terus berupaya berkontribusi mendorong pencapaian SDGs Global, termasuk di bidang akses terhadap air bersih dan sanitasi.

WWF ke-10 akan mengangkat tema "Water for Shared Prosperity" yang sangat relevan dengan kondisi global saat ini, di saat ketersediaan air bersih masih menjadi tantangan bagi banyak negara.

Pemerintah Indonesia berkomitmen memperkuat kolaborasi berbagai pemangku kepentingan dalam mencapai target No.6 dari SDGs, yaitu terkait hak atas air bersih dan sanitasi.

Indonesia merupakan negara Asia Tenggara pertama yang terpilih sebagai tuan rumah WWF. Hal itu dinilai dapat memperkuat posisi Indonesia di bidang manajemen sumber daya air.

WWF merupakan kegiatan pertemuan internasional terbesar di bidang air yang membahas pengelolaan sumber daya air melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Diprakarsai oleh World Water Council (WWC), WWF diselenggarakan setiap tiga tahun dan telah berlangsung secara rutin sejak 1997.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan ke-10 WWF tidak lepas dari kerja sama dan koordinasi berbagai instansi terkait, antara lain Kementerian Luar Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Pemerintah Provinsi Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler