Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

IKM Kosmetik NTB Memasuki Fase Industrialisasi

IKM ini membuat beberapa produk seperti sabun, skin care, lulur. Bahan baku kami dari minyak kelapa, Lili Lebah dari Sumbawa, sama minyak bengkawang dari Kalimantan.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 29 Desember 2021  |  10:29 WIB
IKM Kosmetik NTB Memasuki Fase Industrialisasi
Proses produksi kosmetik di CV. Iwin Insani NTB. - Bisnis/Harian Noris S
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM - Industri Kecil dan Menengah (IKM) kosmetik di Nusa Tenggara Barat mulai masuki fase industrialisasi.

Melalui fasilitas Pempov NTB di Science Techno Park (STIP) Banyumulek, Lombok Barat, produksi masal kosmetik oleh IKM CV. Karya Iwin Insani akan dilakukan dengan target pasar nasional hingga ekspor.

Direktur CV. Karya Iwin Insani, Iwin Insani menjelaskan usaha kosmetik telah dirintis sejak 2018 dengan konsep bahan baku ramah lingkungan terutama terhadap ekosistem terumbu karang. "Kami membuat beberapa produk seperti sabun, skin care, lulur. Bahan baku kami dari minyak kelapa, Lili Lebah dari Sumbawa, sama minyak bengkawang dari Kalimantan," jelas Iwin, Rabu (29/12/2021).

Saat ini IKM CV. Karya Iwin Insani memiliki izin produksi dan edar untuk 87 produk dari BPOM. Pada 2022 iwin menargetkan produksi masal dengan pasar lokal NTB, nasional hingga ekspor.

"Pada 2022 target omzet kami Rp3 miliar dengan pasar domestik hingga ekspor. Kami sebenarnya sudah mulai mengirim produk ke Australia, Portugal tetapi tidak dalam jumlah banyak," kata dia.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menjelaskan CV. Karya Iwin Insani difasilitasi tempat produksi di STIP agar cepat berkembang. "STIP ini memang dibuat untuk memfasilitasi UMKM yang ingin berkembang dan maju. CV.Iwin boleh pindah ke tempat lain ketika sudah maju dan mandiri, punya tempat yang lebih besar dengan pekerja yang lebih banyak," jelas Zul.

Zul menjelaskan IKM yang memasuki fase industrialisasi harus diberikan akses keuangan di perbankan agar lebih cepat maju. "Perbankan terutama bank daerah seperti bank NTB semoga mudah memberikan akses pinjaman kepada IKM NTB," ujar Zul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kosmetik ntb industri kosmetik
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top