Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Permintaan Kangkung Kuat, Lombok Barat Perluas Pertanaman 300 Hektare

Dari target 300 hektare, petani Lombok Barat telah menanam kangkung di atas lahan seluas 80 hektare.
Harian Noris S.
Harian Noris S. - Bisnis.com 05 Juli 2021  |  12:40 WIB
Ilustrasi. - Antara/Dhemas Reviyanto
Ilustrasi. - Antara/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, MATARAM - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menargetkan pengembangan kangkung di atas lahan seluas 300 hektare untuk memenuhi permintaan kangkung di luar daerah.

Potensi pengembangan 300 hektare kangkung di Lombok Barat tersebar di sejumlah kecamatan seperti Narmada, Lingsar, Kediri dan Gerung. Dari target 300 hektare, petani Lombok Barat telah menanam kangkung di atas lahan seluas 80 hektare.

Kangkung menjadi komoditas andalan Lombok Barat yang dikirim ke luar daerah seperti Bali, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

Kepala Dinas Pertanian Lombok Barat Muhur Zokhri menjelaskan kualitas kangkung Lombok Barat diminati pasar nasional. "Kualitas kangkung Lombok Barat sangat bagus, kami telah mensuplai sejumlah daerah, kami juga ekspor ke luar negeri," jelas Muhur, Senin (5/7/2021).

Setiap musim panen kangkung dalam kurun waktu tiga bulan, produktivitas kangkung Lombok Barat mencapai 7,6 ton per hektare, dan masih berpotensi meningkat jika lahan tanam kangkung semakin diperluas.

Pemkab Lombok Barat sedang menjajaki kerja sama dengan Pempov DKI Jakarta untuk pengembangan budidaya kangkung. Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid menjelaskan kerjasama dengan Pemprov Jakarta sangat potensi.

"Kami dalam tahap penjajakan, kami juga akan melihat produktivitas petani kangkung, agar kami bisa mensuplai dalam jangka panjang," jelas Fauzan. (K48)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hortikultura lombok ntb
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top