Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penetapan Pemenang Pilkada Karangasem, Calon Kalah Hadiri Pleno Diapresiasi

Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Lidartawan menyebut Mas Sumatri telah memberikan pendidikan politik, termasuk sikap politik yang baik kepada masyarakat Karangasem.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Januari 2021  |  14:18 WIB
Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri yang juga calon bupati yang kalah dalam kontestasi Pilkada 2020 menghadiri Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem, Sabtu (23-1-2021). - Antara/KPU Karangasem.
Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri yang juga calon bupati yang kalah dalam kontestasi Pilkada 2020 menghadiri Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem, Sabtu (23-1-2021). - Antara/KPU Karangasem.

Bisnis.com, KARANGASEM - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri yang juga calon bupati yang kalah dalam Pilkada 2020 menghadiri Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karangasem Terpilih I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa.

Keterangan resmi yang diterima dari KPU Kabupaten Karangasem, Minggu (24/1/2021), menyebutkan kehadiran Mas Sumatri bersama anggota forkopimda dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Karangasem dalam acara penetapan pemenang pilkada tersebut mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan.

Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Lidartawan menyebut Mas Sumatri telah memberikan pendidikan politik, termasuk sikap politik yang baik kepada masyarakat Karangasem.

"Kami sangat mengapresiasi, beliau (Mas Sumatri) menunjukkan sikap kenegarawanan sekaligus memberikan pendidikan dan sikap politik yang baik bagi masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mas Sumatri memberikan ucapan selamat kepada pasangan I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa.

Setelah dilantik nanti, dia berharap Gede Dana-Artha Dipa bisa melaksanakan visi dan misi serta program kerja dan janji politiknya sewaktu kampanye.

"Kalah menang dalam sebuah kontestasi ini merupakan hal yang biasa, kami sudah legawa. Saya tidak ke mana-mana tetapi ada di mana-mana di tengah masyarakat dan akan tetap berbuat untuk membantu masyarakat Karangasem," katanya.

Dalam kesempatan itu, Mas Sumatri menyampaikan permohonan maaf kepada para pendukungnya serta memohon maaf kepada pejabat dan jajaran OPD di lingkungan Pemkab Karangasem, masyarakat setempat, serta kepada alam semesta jika selama memimpin ada kekhilafan dan kesalahan, baik disengaja maupun tidak disengaja.

"Selanjutnya, saya mengajak kepada seluruh pendukung saya serta masyarakat Karangasem untuk mendukung program kerja dan pemerintahan bupati/wakil bupati baru yang nantinya akan dilantik pada bulan Februari 2021," katanya.

Sementara itu, dalam rapat pleno tersebut, Sabtu (23/1), Ketua KPU Kabupaten Karangasem Ngurah Gede Maharjana mengatakan bahwa penetapan pasangan I Gede Dana dan I Wayan Arta Dipa berdasarkan Keputusan KPU Karangasem, Nomor 18/PL.02.7-Kpt/KPU-Kab/I/2021 meraih 148.059 suara atau 56,6 persen mengungguli pasangan I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Made Sukerana dengan 113.357 suara atau 43,4 persen.

Kepada awak media, Calon Bupati Karangasem terpilih I Gede Dana menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat Karangasem yang telah menyukseskan jalannya pilkada dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Saya bersama Wayan Artha Dipa akan merealisasikan visi dan misi kami begitu memulai memimpin Karangasem per 17 Februari 2021. Kami siap melaksanakan visi dan misi kami karena visi dan misi merupakan janji kami, untuk direalisasikan demi kemajuan Karangasem," ujar I Gede Dana.

Pada hari Minggu (24/1), Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menyempatkan diri untuk membuka Musyawarah Daerah (MUSDA) VIII Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Karangasem Tahun 2021 di Aula MTs Negeri Karangasem.

"Seluruh umat Islam harus dapat ikut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah," kata Mas Sumatri dalam pesan sebelum masa jabatannya sebagai bupati berakhir.

Dalam acara MUI yang dihadiri Ketua MUI Provinsi Bali Drs. H. Mahrusun Hadiono dan Ketua Umum MUI H. Muhammad Mursyid, S.Ag. itu, Ketua Panitia Musda Isyatir Rodiyah menyampaikan Musda MUI sedianya diikuti oleh kurang lebih 250 orang dari Kampung Muslim, namun karena kondisi Pandemi Covid-19, maka Musda VIII hanya diikuti oleh 70 orang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali karangasem

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top