Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lalu Lintas Penyeberangan di Nusa Penida Mulai Naik

Dalam sehari, jumlah penyebrangan bisa mencapai 24 trip. Meskipun, jumlahnya masih jauh di bawah normal yang dapat mencapai 300 trip dalam satu hari.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 07 Desember 2020  |  13:01 WIB
Lalu Lintas Penyeberangan di Nusa Penida Mulai Naik
Pekerja pariwisata melayani wisatawan yang mengunjungi kawasan Tanjung Benoa, Badung, Bali, Sabtu (7/11/2020). Menurut data Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, perekonomian Bali pada triwulan III tahun 2020 mengalami pertumbuhan sebesar 1,66 persen dibandingkan triwulan sebelumnya dan diperkirakan akan berlanjut pada triwulan IV 2020 seiring dengan perkiraan membaiknya kondisi pariwisata khususnya kunjungan wisatawan domestik ke Pulau Dewata. - Antara/Fikri Yusuf.

Bisnis.com, DENPASAR — Lalu lintas penyeberangan di Nusa Penida mulai menunjukkan peningkatan seiring dengan bertambahnya kunjungan wisatawan domestik ke destinasi tersebut.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Nusa Penida I Gede Sudarma mengatakan, saat awal-awal terjadi pandemi Covid-19 di Bali, penyeberangan menuju Nusa Penida hanya melayani warga lokal yang ingin melakukan persembahyangan. Kondisi tersebut membuat hanya ada satu perusahaan penyeberangan yang beroperasi dalam melayani kebutuhan masyarakat.

Jumlah penyeberangan yang terjadi pun hanya sebanyak dua trip dalam sehari.

Seiring dengan mulai datangnya wisatawan domestik, saat ini sudah ada dua perusahaan penyeberangan yang beroperasi. Dalam sehari, jumlah penyebrangan bisa mencapai 24 trip. Meskipun, jumlahnya masih jauh di bawah normal yang dapat mencapai 300 trip dalam satu hari.

"Pada saat awal-awal pandemi, sehari hanya dua trip yang berasal dari satu perusahaan, yang murni bantu masyarakat untuk lalu lalang, tidak cari profit untuk bisnis yang penting masyarakat bisa pulang pergi dibantu dengan boat," katanya kepada Bisnis, Senin (7/12/2020).

Sudarma memproyeksi seiring dengan libur akhir tahun nanti, akan ada peningkatan penyeberangan di Nusa Penida. Penyeberangan masih akan didominasi wisatawan domestik yang saat ini kembali berdatangan berlibur di Bali.

Penyeberangan pun semakin berpotensi meningkat ketika mendekati perayaan hari hari suci agama. Masyarakat lokal akan melakukan penyeberangan ke Nusa Penida untuk melakukan persembahyangan.

"Wisatawan sudah mulai datang, dari Jakarta, Surabaya, saya sempat cek, mereka rata-rata memang dari Jakarta," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali pariwisata Nusa Penida
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top