Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lagi, Buleleng Raih Penghargaan Data Forum Anak Award

Kabupaten Buleleng tengah mengembangkan dan memajukan edukasi dan manajemen komunikasi terhadap anak.
Kawasan Buleleng di Bali/wikipedia
Kawasan Buleleng di Bali/wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA – Kabupaten Buleleng berhasil meraih penghargaan Data Forum Anak (DAFA) Award 2020 di kategori Forum Anak Dengan Pelopor dan Pelapor (2P) terbaik.

Menurut Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, penghargaan kali ini merupakan kali ketiga Forum Anak Daerah (FAD) Buleleng mendapatkan penghargaan DAFA Award. Adapun sebelumnya, FAD Buleleng berhasil meraih penghargaan sebagai DAFA Award untuk kategori Forum Anak dengan Media Sosial terbaik pada 2019.

“Kabupaten Buleleng terus berupaya untuk mengembangkan dan memajukan edukasi dan manajemen komunikasi terhadap anak. Mengingat dua hal itu penting dalam pembinaan anak-anak khususnya di wilayah Buleleng,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima oleh Bisnis, Sabtu (29/08/2020).

DAFA Award tahun 2020 diselenggarakan secara virtual karena situasi saat ini. Sebanyak 343 forum anak yang mewakili provinsi kabupaten/kota dan kecamatan serta desa maupun kelurahan mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Pendataan yang sistematis dilakukan Kemen PPPA untuk memantau perkembangan forum anak di setiap daerah. Tujuan DAFA Award adalah melakukan pendataan profil forum anak beserta seluruh kegiatan yang telah dilakukan untuk mengetahui keaktifan forum anak di setiap daerah.

Menurut Agus, saat berbicara tentang anak, tentunya berbicara juga tentang edukasi kepada mereka. Dengan begitu, ruang-ruang akan dibuka seluasnya untuk masyarakat atau orang tua lebih dekat dengan anak. Untuk Buleleng, karena bukan kota besar, sangat berbeda dengan kota-kota lainnya.

Intensitas masyarakat untuk bisa berinteraksi dengan anak-anaknya masih lebih besar dibandingkan kota-kota besar. “Saya yakin itu karena kesibukan jelas jauh berbeda dengan kota-kota besar. Karena ruang edukasi itulah, sudah sepantasnya Buleleng khususnya FAD mendapatkan penghargaan tersebut,” tuturnya.

Agus menegaskan pola pendidikan kepada anak yang tepat adalah manajemen komunikasi yang terjaga. Komunikasi yang baik akan menciptakan anak yang sukses kedepannya.

“Ruang-ruang edukasi juga akan terbentuk dari kemampuan manajemen komunikasi masyarakat atau orang tua terhadap anak-anaknya,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler