Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lagi, Buleleng Raih Penghargaan Data Forum Anak Award

Kabupaten Buleleng tengah mengembangkan dan memajukan edukasi dan manajemen komunikasi terhadap anak.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 29 Agustus 2020  |  15:18 WIB
Kawasan Buleleng di Bali - wikipedia
Kawasan Buleleng di Bali - wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA – Kabupaten Buleleng berhasil meraih penghargaan Data Forum Anak (DAFA) Award 2020 di kategori Forum Anak Dengan Pelopor dan Pelapor (2P) terbaik.

Menurut Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, penghargaan kali ini merupakan kali ketiga Forum Anak Daerah (FAD) Buleleng mendapatkan penghargaan DAFA Award. Adapun sebelumnya, FAD Buleleng berhasil meraih penghargaan sebagai DAFA Award untuk kategori Forum Anak dengan Media Sosial terbaik pada 2019.

“Kabupaten Buleleng terus berupaya untuk mengembangkan dan memajukan edukasi dan manajemen komunikasi terhadap anak. Mengingat dua hal itu penting dalam pembinaan anak-anak khususnya di wilayah Buleleng,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima oleh Bisnis, Sabtu (29/08/2020).

DAFA Award tahun 2020 diselenggarakan secara virtual karena situasi saat ini. Sebanyak 343 forum anak yang mewakili provinsi kabupaten/kota dan kecamatan serta desa maupun kelurahan mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Pendataan yang sistematis dilakukan Kemen PPPA untuk memantau perkembangan forum anak di setiap daerah. Tujuan DAFA Award adalah melakukan pendataan profil forum anak beserta seluruh kegiatan yang telah dilakukan untuk mengetahui keaktifan forum anak di setiap daerah.

Menurut Agus, saat berbicara tentang anak, tentunya berbicara juga tentang edukasi kepada mereka. Dengan begitu, ruang-ruang akan dibuka seluasnya untuk masyarakat atau orang tua lebih dekat dengan anak. Untuk Buleleng, karena bukan kota besar, sangat berbeda dengan kota-kota lainnya.

Intensitas masyarakat untuk bisa berinteraksi dengan anak-anaknya masih lebih besar dibandingkan kota-kota besar. “Saya yakin itu karena kesibukan jelas jauh berbeda dengan kota-kota besar. Karena ruang edukasi itulah, sudah sepantasnya Buleleng khususnya FAD mendapatkan penghargaan tersebut,” tuturnya.

Agus menegaskan pola pendidikan kepada anak yang tepat adalah manajemen komunikasi yang terjaga. Komunikasi yang baik akan menciptakan anak yang sukses kedepannya.

“Ruang-ruang edukasi juga akan terbentuk dari kemampuan manajemen komunikasi masyarakat atau orang tua terhadap anak-anaknya,” tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak buleleng kota layak anak
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top