Badung Bangun Balai Benih Ikan Baru Pacu Aquakultur

Pemkab Badung membangun Balai Benih Ikan atau BBI di Desa Baha, Kecamatan Mengwi untuk meningkatkan produksi benih ikan di wilayah setempat.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 21 Maret 2019  |  16:21 WIB
Badung Bangun Balai Benih Ikan Baru Pacu Aquakultur
Peternak memanen ikan nila air tawar. - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, MANGUPURA – Pemkab Badung membangun Balai Benih Ikan atau BBI di Desa Baha, Kecamatan Mengwi untuk meningkatkan produksi benih ikan di wilayah setempat.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung I Putu Oka Swadiana mengatakan saat ini Badung menghasilkan sekitar 3.426.775 benih ikan.

Benih tersebut diperoleh dari BBI sebanyak 1.350.000 ekor dan 2.076.775 ekor dari unit pembenihan rakyat (UPR).

“Kami ingin meningkatkan produksi benih ikan terutama nila, kaper, lele dan koi dari BBI yang baru nanti,” katanya, Kamis (21/3/2019).

Menurut Oka pembangunan BBI di Desa Baha merupakan pengganti dari BBI di Kelurahan Kapal yang dibangun menjadi kantor PDAM, sedangkan BBI di Petang masih berproduksi hingga kini.

BBI di Desa Baha telah direncanakan sejak 2018 dan kini telah memasuki tender melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang hingga kini telah dilirik 22 rekanan.

Untuk membangun balai benih ikan ini Pemkab Badung menganggarkan Rp10 miliar, Dinas Perikanan juga mencadangkan Rp159 juta untuk konsultan pengawas pembangunan.

“Kami berharap tahun ini BBI yang baru ini selesai dan bisa memulai produksi benih ikan,” ujarnya.

Oka menjelaskan pada 2019 Pemkab Badung menargetkan produksi ikan air tawar meningkat 5% dari pencapaian 2018 yakni 728,10 ton.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
badung, benih ikan

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top