Denpasar Masuk 10 Kota Tersehat di Dunia

Kota Denpasar masuk sebagai 10 kota tersehat di dunia dari penilaian yang dilakukan "Travel Supermarket" berdasarkan beragam aspek penilaian dan menjadi satu-satunya kota di Indonesia.
Newswire | 10 Januari 2019 21:06 WIB
Warga menyaksikan pertunjukan Tari Joged Bumbung jelang malam pergantian Tahun Baru di bundaran Patung Catur Muka, Denpasar, Senin (31/12/2018). Malam pergantian tahun di Denpasar dirayakan dengan pertunjukan seni budaya yaitu Tari Joged Bumbung dan Barong Ket. - Antara/Nyoman Hendra Wibowo

Bisnis.com, DENPASAR – Kota Denpasar masuk sebagai 10 kota tersehat di dunia dari penilaian yang dilakukan "Travel Supermarket" berdasarkan beragam aspek penilaian dan menjadi satu-satunya kota di Indonesia.

Kabag Humas dan Protokol Kota Denpasar Dewa Gede Rai di Denpasar, Kamis, mengatakan berikut daftar 10 besar kota tersehat menurut "Travel Supermarket" urutan satu di tempati Kota Paris Perancis, posisi kedua Chiang Mai, posisi ketiga Barcelona Spanyol.

Adapun posisi keempat Pattaya Thailand, posisi kelima Vancouver Aanada, posisi keenam Miami AS, posisi ketujuh San Francisco AS, posisi delapan Lisbon Portugal, posisi sembilan Denpasar Indonesia, dan posisi sepuluh Buenos Aires Argentina.

Ia menyebutkan dalam menyusun daftar ranking ini, "Travel Supermarket" memanfaatkan beragam sumber data seperti kelompok peneliti pasar Euromonitor International, TripAdvisor, Yelp hingga World Weather and Climate.

Travel Supermarket juga memiliki beberapa aspek penilaian sebagai tolok ukur kesehatan dalam sebuah kota. Beberapa aspek yang menjadi penilaian adalah jumlah taman atau ruang terbuka hijau, gym dan pusat kebugaran.

Selain itu, Travel Supermarket juga menilai jumlah Spa, studio yoga dan studio pilates yang terdapat pada kota yang dinilai. Tak hanya itu, makanan juga menjadi aspek penilaian penting dalam menyusun daftar 10 kota tersehat di dunia ini.

Terkait makanan, "Travel Supermarket" menilai jumlah toko makanan sehat dan restoran dengan opsi vegan di tiap kota.

Travel Supermarket lalu membandingkan data tersebut dengan ukuran luas kota untuk mengetahui angka densitas per kilometer persegi. Tak hanya itu, tim analisa juga memperhitungkan jumlah paparan matahari per tahun dan rata-rata harga untuk menginap di hotel.

Setelah melakukan beragam analisis data, Travel Supermarket membuat daftar 50 kota tersehat di dunia. Dari seluruh kota yang ada, Paris berhasil memuncaki peringkat teratas.

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab mengatakan bahwa ini merupakan pencapaian yang membanggakan, tidak saja bagi pemerintahan kota, tetapi juga bagi publik Denpasar bahkan kebanggaan Indonesia.

Ia mengatakan pencapaian ini tentu tidak bisa terlepas dari kerja keras Pemerintahan Kota Denpasar yang terus menerus menata kotanya agar memberikan rasa nyaman kepada publiknya, terutama inovasi-inovasi kultural yang dihasilkan telah ikut menyehatkan publiknya seperti penataan taman kota dan sungai yang mengalir di tengah kota.

Disamping itu, kata dia, pengembangan orange ekonomi bertumpu pada kreativitas publik menghasilkan suasana yang merangsang kegairahan hidup di tengah kota yang terus berkembang. Ia juga menyampaikan bahwa perubahan yang dilakukan di sektor pelayanan publik.

Dalam pandangan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bali, ikut memberikan kontribusi terhadap meningkatnya kualitas hidup publik. Pelayanan publik yang cepat dan mudah diakses sudah barang tentu membuat publik merasa nyaman karena ada kepastian yang diperolehnya.

"Oleh karena itu, Ombudsman Bali berharap agar inovasi di sektor pelayanan publik agar terus menerus dilakukan demi memenuhi harapan publik yang terus-menerus meningkat," ujarnya.

Sumber : Antara

Tag : denpasar
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top