Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pastika Berharap Program Bali Mandara Dilanjutkan Gubernur Berikutnya

Gubernur Bali Made Mangku Pastika berharap program Bali Mandara akan dilanjutkan oleh gubernur terpilih Wayan Koster sembari memperbaiki sejumlah kekurangan.
Gubernur Bali Made Mangku Pastika/Bisnis.com-Ni Putu Eka Wiratmini
Gubernur Bali Made Mangku Pastika/Bisnis.com-Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, DENPASAR—Gubernur Bali Made Mangku Pastika berharap program Bali Mandara akan dilanjutkan oleh gubernur terpilih Wayan Koster sembari memperbaiki sejumlah kekurangan.

Menurutnya, program pembangunan Bali Mandara didasari oleh filosofi Tri Hita Karana, dan mencakup pro growth, pro poor, pro job dan pro culture.

Selama 10 diterapkan, Bali Mandara telah berhasil membuat daerah ini mengalami kemajuan, seperti penurunan angka kemiskinan menjadi 4,01% yaitu peringkat kedua terbaik nasional.

Selain itu, Indeks Gini Ratio sekitar 3,8%, angka pengangguran berkurang menjadi 0,86%, pertumbuhan ekonomi yang cukup baik dan stabil, serta IPM di atas rata-rata nasional.

Pemprov Bali juga diklaim telah beberapa kali meraih opini WTP dari BPK RI untuk laporan keuangan daerah.

“Tentu saja capaian itu bukanlah kerja sendiri, namun hasil dari dukungan banyak pihak. Dalam kesempatan ini, saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap semua pihak yang telah ikut serta menjalankan serta mengawal program Bali Mandara,” tuturnya, Selasa (14/8/2018).

Pastika menyadari selama sepuluh tahun kepemimpinannya masih belum sempurna dan masih ada beberapa kekurangan di berbagai lini.

Untuk itu gubernur Bali terpilih ke depan bisa memperbaiki segala kekurangan tersebut dan tetap melanjutkan keberhasilan program Bali Mandara.

Ketua DPRD Prov Bali I Nyoman Adi Wiryatama menyampaikan segala apresiasinya terhadap capaian program Bali Mandara.

Dia mengingatkan bahwa Bali menjadi terkenal hingga ke mancanegara karena kesenian serta adat dan budayanya, sehingga mengajak segenap lapisan masyarakat untuk terus berupaya menjaganya.

Selain itu, Adi Wiryatama juga mengajak masyarakat untuk mulat sarira, mulai memikirkan kontribusi apa yang telah diberikan untuk kesejahteraan Bali.

Dia berharap dengan semangat patriotik para pahlawan, digunakan sebagai pedoman bagi semua lapisan masyarakat demi menjalankan tugas masing-masing untuk kemajuan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper