Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Okupansi Hotel Plat Merah di Bali Mencapai 90% Selama Libur Lebaran

Tingkat hunian kamar Hotel Indonesia Group (HIG) yang merupakan gabungan hotel - hotel BUMN di Bali rata - rata diatas 90% selama periode libur lebaran.
Ilustrasi hotel./Freepik
Ilustrasi hotel./Freepik

Bisnis.com, DENPASAR - Tingkat hunian kamar atau okupansi hotel di bawah naungan Hotel Indonesia Group (HIG) yang merupakan gabungan hotel - hotel BUMN di Bali rata - rata di atas 90% selama periode libur Lebaran

HIG mencatat tingkat hunian tertinggi terdapat di Inna Sindhu Beach sebesar 95%, selanjutnya yaitu Truntum Kuta dengan tingkat hunian sebesar 91% dan Merusaka Nusa Dua sebesar 81%. Hotel jaringan HIG region Bali menunjukkan pertumbuhan tingkat hunian sebesar 9% selama periode libur panjang Lebaran 2024 dibandingkan periode yang sama di 2023.

Hotel HIG di region Nusa Tenggara juga mengalami peningkatan tingkat hunian signifikan dengan leading Meruorah Komodo Labuan Bajo sebesar 83%. Hotel bintang lima ini juga mengalami pertumbuhan tingkat hunian sebesar 14% dibandingkan Libur Idulfitri tahun 2023.

Direktur Operasi & Portofolio Bisnis HIN M. Ariadevi Hermaini menjelaskan libur lebaran memberikan dampak positif pada peningkatan okupansi di hotel jaringan HIG "Peningkatan okupansi ini didorong oleh kenaikan jumlah kunjungan wisatawan, beragam promo menarik, service improvement serta fasilitas yang tersedia di masing-masing unit hotel sehingga mampu menarik wisatawan untuk menghabiskan momen libur Lebaran di hotel jaringan HIG," jelas Aria dari keterangan resminya, Rabu (17/4/2024).

Aria juga berharap momentum peningkatan okupansi hotel ini terus terjaga sepanjang tahun, tidak hanya pada momentum tertentu. 

Selain Bali dan Nusa Tenggara, hotel jaringan HIG region Jawa menjadi leading untuk tingkat hunian selama libur panjang hari lebaran. Tingkat hunian tertinggi Hotel jaringan HIG region Jawa yaitu Khas Pekalongan sebesar 96%, selanjutnya yaitu Inna Tretes dengan tingkat hunian sebesar 95% dan The Manohara Yogyakarta Hotel dan Lafayette Boutique Hotel Yogyakarta sebesar 92%. Hotel-hotel tersebut menunjukkan pertumbuhan tingkat hunian selama periode 10-14 April 2024.

Okupansi di hotel HIG Region Sumatera juga meningkat, dimana tingkat hunian tertinggi yaitu Khas Parapat Hotel sebesar 96%. Hotel bintang 3 yang terletak di Parapat dengan view langsung ke Danau Toba ini menjadi pilihan pengunjung menghabiskan libur panjang. Hotel ini juga mengalami peningkatan 16% dibandingkan libur Idulfitri 2023. Hal serupa juga terjadi di region Kalimantan dan Sulawesi dimana mengalami pertumbuhan tingkat hunian sebesar 24% dibandingkan libur Idulfitri 2023 dengan highest tingkat hunian yaitu Yulia Hotel Gorontalo. Tingkat hunian hotel bintang 3 ini sebesar 80% selama periode 10-14 April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler