Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bali Berhasil Tanam Padi Inpari yang Diklaim Mampu Cegah Stunting

Petani di Bali berhasil menanam padi varietas Inpari Nutri Zinc varietas Inpari Nutri Zinc yang diklaim mampu berperan penting dalam upaya penanganan stunting.
Padi siap panen./Bisnis
Padi siap panen./Bisnis

Bisnis.com, DENPASAR - Petani di Provinsi Bali berhasil menanam padi varietas Inpari Nutri Zinc varietas Inpari Nutri Zinc yang diklaim mampu berperan penting dalam upaya penanganan stunting. 

Ditanam di atas lahan 77 hektare di Subak Gadon 1 Pandak Gede, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan sejak akhir tahun lalu oleh petani setempat, kini panen sudah mulai dilakukan.

Pekaseh Subak Gadon 1 Pandak Gede, Gede Made Budi Artawan menjelaskan jika dilihat dari hasil panen pertama, dalam 1 hektare mampu menghasilkan 11,5 ton per hektare, jauh lebih tinggi jika dibandingkan varietas padi biasa yang hasil panennya hanya 8,5 ton per hektare. 

Dari perbandingan tersebut, petani di Tabanan optimis bisa meningkatkan produksi beras Bali jika varietas inpari tersebut ditanam secara luas di Bali. Budi Artawan juga menyampaikan dirinya dan kelompok subak setempat berharap pemerintah terus menaruh perhatian pada para petani terutama berkaitan dengan permasalahan sistem irigasi, yang belakangan mulai menunjukkan gejala pendangkalan serta kebocoran di sana-sini.

“Terimakasih banyak atas bantuan bibit yang sangat membantu kami, dan luar biasa ternyata hasil panennya yang jauh di atas rata-rata. Biasanya (padi lain, red) paling banyak 8,5 ton per hektare. Sekarang bahkan sempat ada yang 11,5 ton per hektar,” jelas Artawan dari keterangan resminya, Jumat (15/3/2024). 

Penjabat Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya berharap panen perdana Padi varietas Inpari Nutri Zinc yang tak hanya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani namun juga mampu berperan penting dalam upaya penanganan stunting terutama di Provinsi Bali.

Pj. Gubernur menyebutkan, varietas padi ini harus lebih banyak disosialisasikan kepada masyarakat khususnya para petani di Bali. Karena punya keunggulan dibandingkan varietas lain seperti dapat dipanen umur ±115 hari, tekstur nasi pulen dengan kadar amilosa 16,60%, serta potensi hasil dapat mencapai 9-10 ton per hektare. 

“Kandungan zinc dalam beras Inpari Nutri Zinc mencapai 34,5 ppm. Zinc berperan penting dalam sistem reproduksi, daya tahan tubuh untuk ibu hamil dan kesehatan balita jadi bisa membantu menangani stunting, ini penting karena penanganan stunting adalah amanat langsung dari Bapak Presiden dan jadi prioritas bagi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, meskipun kini angka stunting di Bali paling rendah secara nasional," kata Mahendra

Umur tanam yang 115 hari dan tingkat kerusakan pecah gabah di bawah 5 persen, maka para petani pun bisa mendapatkan manfaat dan keuntungan langsung dari pembudidayaan padi Inpari Nutri Zinc. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler