Erick Thohir Resmikan KEK Kesehatan Sanur, Potensi Devisa Rp97 Triliun

Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Gedung Bali Beach Convention Center yang dibangun dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur.
Desain Rumah Sakit Internasional Bali atau Bali International Hospital di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur, Bali, Indonesia - Dok. Indonesia Healthcare Corporation.
Desain Rumah Sakit Internasional Bali atau Bali International Hospital di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur, Bali, Indonesia - Dok. Indonesia Healthcare Corporation.

Bisnis.com, DENPASAR – Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Gedung Bali Beach Convention Center yang dibangun dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur, Kota Denpasar, Bali, pada Selasa (30/1/2023).

Gedung dengan kapasitas 5.000 orang ini ditargetkan menjadi pusat mice baru di Pulau Dewata, yang tidak kalah dengan Nusa Dua yang saat ini menjadi pusat forum–forum besar skala nasional dan internasional di Bali.

Gedung pertemuan ini terbilang cukup megah karena memiliki ruangan pertemuan yang luas dengan berbagai fasilitas yang memadai. Lokasinya tepat berada di tepi pantai Sanur sehingga dan terintegrasi langsung dengan Bali Beach Hotel atau Grand Inna Bali Beach Sanur.

Erick Thohir menjelaskan, hadirnya Gedung convention ini bagian dari revitalisasi kawasan untuk meningkatkan daya saing pariwisata Bali. Menurutnya saat ini pariwisata Bali dan Indonesia pada umumnya masih kalah saing dengan negara seperti Thailand, Singapura, hingga Turki yang sudah dikunjungi 50 juta wisatawan.

“Kalau dihitung kontribusi pariwisata terhadap PDB masih 3 persen, padahal di negara – negara lain sudah jauh di atas itu, makanya harus ada kawasan baru yang bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung, itu latar belakang kami mengembangkan KEK Sanur dan sejumlah KEK lainnya seperti Mandalika, Labuan Bajo,” jelas Erick dalam sambutannya di peresmian Bali Beach Convention dan Groundbreaking Alstar Lake Clinic, pada Selasa (30/1/2023).

Untuk melampaui negara–negara tersebut, diperlukan pengembangan kawasan yang baru, seperti KEK Kesehatan Sanur yang dilengkapi dengan hotel, Convention Center, hingga Rumah Sakit Internasional yang bekerjasama dengan Mayo Clinic.

KEK Sanur berpotensi mengumpulkan devisa hingga Rp97 triliun per tahun dan membuka sekitar 30.000 lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya menjelaskan Bali Beach Convention Center langsung menarik minat wisatawan dan penyelenggara mice untuk mengadakan acara pada 2024. Kehadiran Convention Center ini juga dinilai akan mendukung target kunjungan 7 juta wisatawan ke Pulau Dewata pada 2024

“Informasi yang kami terima, kegiatan World Water Forum akan dilangsungkan di sini (Bali Beach Convention) dimana peserta yang akan hadir mencapai 17.000 orang, dengan 45 kepala negara dari berbagai negara, jadi kami optimis keberadaan KEK Sanur dan convention center akan meningkatkan kunjungan ke Bali,” jelas Mahendra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper