Rute Penerbangan dari China ke Bali Bertambah

Frekuensi penerbangan China ke Bali terus bertambah setelah maskapai Juneyao Airlines terbang dari dan menuju Pudong International Airport, Shanghai.
Wisatawan menikmati pantai di Bali./Ist
Wisatawan menikmati pantai di Bali./Ist

Bisnis.com, DENPASAR – Frekuensi penerbangan langsung atau direct flight dari China ke Bali terus bertambah setelah dibukanya penerbangan langsung dari dan menuju Pudong International Airport, Shanghai, oleh maskapai Juneyao Airlines.

General Manager Bandara Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan menjelaskan Juneyao Airlines terbang perdana ke Bali pada Sabtu (20/1/2023) dengan membawa 153 penumpang. Kemudian, pesawat tersebut kembali terbang dengan nomor penerbangan HO 1356 pada pukul 17.20 WITA mengangkut 119 penumpang. Penerbangan Juneyao Airlines dengan rute dari dan menuju Pudong dijadwalkan terbang setiap hari.

Handy menjelaskan bahwa saat ini jumlah kedatangan penumpang WNA asal China telah mengalami peningkatan setelah sebelumnya pada tahun 2020 hingga 2021 terpengaruh dampak pandemi Covid-19. Peningkatan tersebut sejalan dengan proyeksi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal China ke Indonesia akan pulih di atas tahun 2025.

“Kami mencatat pada 2023 wisman China yang datang ke Pulau Bali menduduki peringkat ketiga terbanyak yakni sejumlah 265.805 wisman atau berkontribusi 5% dari total jumlah wisman yang datang melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sepanjang tahun 2023 sebanyak 5,31 juta orang wisman. Kami berharap tambahan frekuensi dan maskapai baru ini akan semakin meramaikan kunjungan wisman di Bali dan jumlah kedatangan WNA asal China diharapkan dapat segera kembali seperti di tahun 2018 yang mencapai 1,38 orang,” kata Handy dari siaran pers, Senin (22/1/2023).

Saat ini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali telah melayani sebanyak 21 rute domestik yang dilayani 11 maskapai. Sedangkan untuk rute internasional, dengan tambahan Juneyao Airlines maka saat ini terdapat 38 maskapai yang melayani rute internasional dengan 36 rute yang ada di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Sementara itu, untuk rute menuju Tiongkok di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebelumnya telah dilayani oleh tiga maskapai yakni Xiamen Airlines, China Southern Airlines, dan China Eastern Airlines dengan rute dari dan menuju Guangzhou, Fuzhou, Xiamen, dan Shanghai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper