Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polda NTB Turunkan 6 Drone Ilegal di Sirkuit Mandalika

Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menurunkan 6 unit drone yang terbang tanpa izin selama perhelatan MotoGP Mandalika 2023.
Suasana di Sirkuit Mandalika jelang acara utama MotoGP 2023/Bisnis.com - Rika Anggaeni
Suasana di Sirkuit Mandalika jelang acara utama MotoGP 2023/Bisnis.com - Rika Anggaeni

Bisnis.com, PRAYA - Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menurunkan 6 unit drone yang terbang tanpa izin selama perhelatan MotoGP Mandalika 2023. 

Kabid Humas Polda NTB, Kombespol Arman Asmaram Syarifuddin, menjelaskan 1 unit drone diturunkan pada Kamis (12/10/2023), kemudian 2 unit di hari Jumat (13/10/2023) dan 4 unit drone pada Sabtu (14/10/2023).

Drone tersebut diturunkan paksa karena tidak memiliki izin terbang, dan penyelenggara MotoGP juga melarang penerbangan drone selama event berlangsung. 

"Total ada 6 unit drone kami turunkan sejak Kamis kemarin. Drone ini sementara kami amankan dan akan kami kembalikan ke pemilik drone setelah race MotoGP Mandalika selesai," tutur Arman Asmaran Syarifuddin di Sirkuit Mandalika, Minggu (15/10/2023). 

Arman menjelaskan aturan soal penerbangan drone sudah jelas, penerbang harus memiliki sertifikat sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 37 tahun 2020. Arman menyebut pemantauan terhadap aktivitas drone terus dilakukan sampai MotoGP selesai. 

Penonton juga dilarang membawa kamera di dalam sirkuit Mandalika, dilarang merekam pertandingan untuk tujuan komersil.

Penonton bisa mengabadikan momen di sirkuit dengan kamera handphone, tapi hanya untuk tujuan koleksi pribadi bukan untuk kepentingan komersil. Penonton juga dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam tribun penonton. 

Final race MotoGP Mandalika sendiri berlangsung pada Minggu (15/10/2023). Dari jadwal yang diterima Bisnis, final race akan berlangsung pukul 15.00 WITA atau 14.00 WIB.

Pembalap beken seperti Jorge Martin, Marc Marquest dan Bagnaia dan pembalap lainnya akan tampil garang demi memperebutkan podium. Jorge Martin tampil gemilang pada sprint race yang dilaksanakan pada Sabtu kemarin.

Sementara itu, puluhan ribu penonton sudah memadati sirkuit sejak Minggu pagi, dan semakin ramai saat siang hari.

Selain itu banyak juga warga yang masih menonton dari atas bukit di luar sirkuit. Arman menyebut pihaknya sudah mengimbau agar warga tidak menonton dari atas bukit.

"Kami juga menempatkan petugas di bukit-bukit sekitar Mandalika untuk mengingatkan warga agar tidak menonton dari atas bukit, karena memang secara aturan dilarang," ujar Arman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler