Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesigapan Telkom Turut Bantu Kesuksesan KTT AIS Forum 2023

Salah satu kunci utama keberhasilan forum yang pertama kali berlangsung tersebut adalah kelancaran akses komunikasi dan dukungan infrastruktur digital.
KTT AIS Forum 2023. bisnis/istimewa
KTT AIS Forum 2023. bisnis/istimewa

Bisnis.com, DENPASAR—Ajang KTT Archipelagic and Island States Forum atau KTT Negara Pulau dan Kepulauan 2023 pada 10-11 Oktober 2023 berjalan dengan lancar. Salah satu kunci utama keberhasilan forum yang pertama kali berlangsung tersebut adalah kelancaran akses komunikasi dan dukungan infrastruktur digital.

Sebagaimana pengakuan dari sejumlah awak media yang menikmati fasilitas di media center AIS Forum 2023. Dewa Wiguna wartawan dari kantor berita Antara menuturkan kecepatan internet di media center sangat cepat. Fakta itu membantunya mengirimkan pasokan berita untuk kantor berita milik pemerintah Indonesia tersebut.

“Cepat sekali sih ini,” tuturnya, Rabu (11/10/2023).

Hal senada diungkapkan oleh Eko dari radio Elshinta. Bahkan, menurutnya, kecepatan layanan datanya lebih kencang dari media center ketika forum G20 di Nusa Dua pada tahun lalu. Pengalaman sama juga dirasakan Bisnis. Selama dua hari meliput, akses internet sangat kencang. Jika biasanya di event-event internasional ada gangguan minor terkait layanan data. Kali ini tidak ada keluhan muncul akibat gangguan sinyal.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi memuji layanan kecepatan internet di event AIS Forum 2023. Pujian itu dia berikan secara khusus kepada PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Menurutnya, sebagai BUMN, Telkom sangat dapat diandalkan karena banyak membantu event perhelatan internasional yang dilaksanakan pemerintah dengan menyediakan semua layanan telekomunikasi.

“Layanan Telkom joss mantap selama AIS Forum 2023,” ujarnya usai konperensi pers dengan Presiden Joko Widodo, Rabu (11/10/2023) di Nusa Dua.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong menegaskan pemerintah sudah selalu mengandalkan Telkom dalam penyelenggaraan event internasional seperti G20,KTT ASEAN dan AIS Forum. Kedepannya, pemerintah akan terus mengandalkan Telkom dalam konteks penyiapan jaringan telekomunikasi internet. Dia menegaskan dukungan yang diberikan sangat baik bahkan terbaik.

Kominfo menyediakan ruangan media center untuk 250 media yang meliput, termasuk 24 orang dari media asing. Di dalam ruangan media center ini dilengkapi dengan jaringan internet untuk mempermudah kerja jurnalis.

“Telkom itu juga sudah menyiapkan berbagai mitigasi kalau ada apa-apa. Jadi saya kira layanan yang diberikan Telkom kepada event – event internasional ini sangat prima, tidak ada keluhan yang berarti misalnya kalau di tempat saya di Kominfo ini dari wartawan, ada hal kecil segera kita atasi,” jelasnya.

Telkom benar-benar memberikan dukungan penuh selama ajang KTT AIS 2023. Untuk menyukseskan perhelatan internasional KTT AIS Forum 2023, TelkomGroup menyediakan dukungan berupa digital connectivity melalui infrastruktur jaringan telekomunikasi terbaik, digital platform serta digital services. Telkom secara khusus menyediakan infrastruktur jaringan telekomunikasi dengan total kapasitas bandwidth mencapai 41,1 Gbps yang terdiri dari Astinet, Metro-E, VPNIP, dan Wifi serta didukung 1 Satellite News Gathering (SNG). Konferensi ini juga didukung jalur yang beragam dan saling backup. Sementara untuk venue utama telah dilengkapi dengan infrastruktur jaringan berkapasitas maksimal 36,5 Gbps.

Khusus di media center, Telkom menyediakan akses konektivitas dengan total kapasitas hingga 10,8Gbps dilengkapi dengan 260 sambungan LAN dan 55 access point Wifi. Konferensi ini juga didukung jalur yang beragam dan saling backup. Keseluruhan layanan ini akan didukung oleh 6 posko dengan lebih dari 200 personel yang bertugas secara hybrid baik di posko, area konferensi hingga lapangan untuk memastikan kualitas layanan tetap prima selama kegiatan berlangsung. Tidak hanya di lokasi konferensi, posko juga terdapat di pusat, regional, hingga anak perusahaan yang akan dikoordinasikan oleh posko IOC-N dalam melakukan pengawalan dan pengamanan kualitas layanan secara berkala.

EVP Divisi Government Service (DGS) Telkom, Syaifudin selaku Ketua Satgas KTT AIS TelkomGroup menyatakan pihaknya mengerahkan seluruh karyawan dan teknisi yang bertugas dalam pengawalan infrastruktur, jaringan dan layanan TelkomGroup selama kegiatan tersebut berlangsung, yakni pada 10-11 Oktober 2023. Selain venue utama konferensi, Telkom juga mendukung penyediaan infratruktur dan layanan telekomunikasi di area-area vital seperti bandara, media center, dan gala dinner. Telkom juga menyediakan infrastruktur dan layanan telekomunikasi untuk Pasukan Pengamanan Presiden, serta beberapa posko kementerian.

“KTT AIS Forum 2023 merupakan agenda strategis dengan coverage internasional, mudah-mudahan kita diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menyediakan infrastruktur jaringan telekomunikasi terbaik untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan KTT tersebut, yang sekaligus menjadi wadah pembuktian kualitas jaringan telekomunikasi Indonesia di mata dunia,” jelasnya.

Ditegaskan olehnya ini merupakan dukungan Telkom yang ketiga untuk KTT sebagai agenda strategis nasional setelah sebelumnya KTT ASEAN di Labuan Bajo dan Jakarta. Dengan pengalaman tersebut Telkom berkomitmen melakukan improvement dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023 dengan menghadirkan infrastruktur jaringan telekomunikasi berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler