Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tempuh Rute Aceh Sumba, Komunitas Sepeda Kampanye Penurunan Emisi

Komunitas ini akan menempuh jarak 1.504 km dari Aceh hingga finish di Sumba.
Tiga peseda anggota Komunitas Journey to Zero atau JFZ saat memulai perjalanan dari Bali. Bisnis/istimewa
Tiga peseda anggota Komunitas Journey to Zero atau JFZ saat memulai perjalanan dari Bali. Bisnis/istimewa

Bisnis.com, DENPASAR—Tiga peseda anggota Komunitas Journey to Zero atau JFZ memulai perjalanan dari Bali menunju Sumba untuk mendukung penurunan emisi karbon.

Perjalanan ketiganya merupakan estafet dari kegiatan serupa yang dilakukan oleh 9 orang pesepeda dalam komunitas tersebut. Komunitas ini akan menempuh jarak 1.504 km dari Aceh hingga finish di Sumba. Perjalanan dari Bali menuju Sumba merupakan rute terakhir yang ditempuh oleh tiga orang pesepeda, yakni Riyadh Nadlir Afwan, Muhammad Rifqi Akbar dan Edmund Jed Solaiman. Perjalanan tersebut diawali dari Taman Hutan Rakyat di daerah Denpasar.

Kepala UPTD Tahura Ngurah Rai, I Ketut Subandi yang melepas tiga pesepeda ini menjelaskan aksi yang dilakukan oleh para pesepeda JFZ ini bagian dari membentuk pola hidup ramah lingkungan di tengah masyarakat. Subandi mengakui untuk pembentukan pola hidup ramah lingkungan masih menjadi tantangan semua pihak termasuk pemerintah. 

“Journey from Zero merupakan kegiatan yang sangat positif untuk mengkampanyekan hidup sehat melalui kegiatan bersepeda untuk memberikan awareness pentingnya menjaga lingkungan hidup yang sehat.” jelas Subandi dikutip dari siaran pers, Sabtu (3/6/2023). 

Penurunan emisi karbon yang menjadi target pemerintah mulai mendapat sambutan dari berbagai komunitas seperti komunitas pesepeda yang mulai tumbuh. Komunitas pesepeda Journey to Zero (JFZ) merupakan salah satu komunitas pesepeda yang konsen dalam berbagai kampanye lingkungan melakukan aksi bersepeda jarak jauh yang dimulai dari Aceh hingga finish di Sumba, Nusa Tenggara Timur dengan jarak tempuh 1.504 km. Sembilan pesepeda yang tergabung dalam JFZ bersepeda secara estafet dari Aceh menggunakan sepeda bambu yang diproduksi di dalam negeri.

Journey from Zero tahun ini, Tidak hanya fokus pada perjalanan panjang mengendarai sepeda sebagai alternatif transportasi ramah lingkungan, kali ini pun mereka akan berinteraksi dengan melakukan kegiatan dari masing komunitas penggiat lingkungan, berdiskusi, dan menyebarkan semangat untuk menjadikan lingkungan menjadi lebih baik ke khalayak lebih luas. Beberapa komunitas yang akan disinggahi selama perjalanan adalah Sungai Watch, sebuah organisasi yang bergerak dalam pembersihan sungai dengan misi menjaga perairan dan Bye Bye Plastic Bags, sebuah gerakan anak muda dengan misi tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai.

Sedangkan di Lombok, pesepeda akan bertemu dengan Bank Sampah NTB Mandiri dan juga bertemu dengan Anak Alam Learning House di pulau Sumbawa. Melati Wijsen, Founder, Bye Bye Plastic Bags mengatakan bersepeda dari Bali ke Sumba merupakan langkah nyata dalam misi mengurangi emisi karbon,

“Saya yakin kampanye Journey from Zero, bersepeda dari Bali, Lombok, Sumbawa dan Sumba menjadi cara yang sangat kreatif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama anak muda untuk peduli atas lingkungan dan bisa membuat perubahan.” jelas Melati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper