Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Marak Hotel Dijual, Begini Kondisi di Bali

Tren penjualan hotel di Bali tidak akan berlanjut di 2023 karena pandemi sudah berakhir dan sektor pariwisata mulai pulih.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 20 Januari 2023  |  05:33 WIB
Marak Hotel Dijual, Begini Kondisi di Bali
Ilustrasi kamar hotel. - Ist
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR – Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Bali angkat bicara soal banyaknya hotel mewah yang saat ini banyak dijual melalui marketplace.

Ketua Arebi Bali, Michael Hikma Gunawan mengakui sepanjang 2022 ada hotel yang dijual oleh pemiliknya. “Saat 2022 ada sekitar 4 unit hotel yang dijual, itu rata-rata hotel bintang tiga, dengan harganya di kisaran Rp40 miliar,” jelas Michael saat dikonfirmasi Bisnis, Kamis (19/1/2023).

Kesulitan finansial, tidak adanya tamu selama pandemi, karyawan yang sudah di PHK akibat pandemi Covid-19 membuat pemilik memilih melepas hotelnya agar tidak terbebani dengan operasional hotel yang tinggi, walaupun dengan harga yang lebih murah.

Menurut Michael, tren penjualan hotel di Bali tidak akan berlanjut di 2023 karena pandemi sudah berakhir dan sektor pariwisata mulai pulih. Manajemen hotel akan kembali fokus menarik tamu untuk menginap di hotel.

“Pada 2023 penjualan hotel tidak akan sebanyak saat pandemi maupun di 2022. Sekarang hotel sudah mulai mendapatkan tamu karena pariwisata sudah hidup kembali, selain itu harga hotel pasti akan naik 25 persen, jadi trend penjualan hotel tidak akan berlanjut,” ujar dia.

Arebi mencatat investor yang mencari hotel di Bali membidik hotel yang dilengkapi dengan ballroom atau aula dengan kapasitas besar yang bisa digunakan untuk kegiatan MICE. Menurut Michael Bali masih menjadi favorit tempat pelaksanaan MICE. Selain itu, investor juga mencari hotel yang dekat dengan pantai atau memiliki akses langsung ke pantai.

Jika melihat di marketplace atau situs penjualan online, memang banyak hotel di Bali yang ditawarkan mulai dari hotel yang ada di Kuta, Denpasar hingga Tabanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel industri perhotelan bali
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top