Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Event Internasional Presidensi G20 Beri Dampak Positif Perekonomian Warga Bali

Event Internasional Presidensi G20 telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional terutama di wilayah Bali.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 17 November 2022  |  17:20 WIB
Event Internasional Presidensi G20 Beri Dampak Positif Perekonomian Warga Bali
Acara jamuan makan malam para kepala Negara G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali pada Selasa (15/11 - 2022). Dok. Biro Setpres RI
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Event Internasional Presidensi G20 telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional terutama di wilayah Bali.
Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economic and Finance (INDEF), M. Rizal Taufikurahman memperkirakan multiplier effect dari event tersebut bagi perekonomian Indonesia  mencapai sekitar Rp6,6 triliun, lebih kecil dari perhitungan Pemerintah yakni Rp7,4 triliun. 
“Ada direct dan indirect effect. Terutama di sektor pariwisata, seperti sektor industri pengolahan makanan dan minuman, perdagangan, transportasi udara, laut dan darat, perhotelan, serta jasa lain," tuturnya, Kamis (17/11).
Selain itu, kata Rizal, dampak positif lainnya dari event internasional itu adalah Indonesia menerima sejumlah komitmen investasi dan hibah, terutama pada sektor transisi energi yang disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden ke Menteri Koordinator bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartanto.
"Tentunya hal ini bakal berdampak positif kepada perekonomian Indonesia ke depan," katanya.
Seperti diketahui, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengaku bersyukur event internasional Presidensi G20 berjalan dengan lancar tanpa hambatan.
Selain itu, Airlangga juga cukup senang karena dari event tersebut banyak terjadi kesepakatan antar negara dan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia.
"Saya bersyukur dan terharu ya, dengan segala dinamika, negosiasi alot, dan kerja keras selama satu tahun telah terbayarkan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20
Editor : Puput Ady Sukarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top