Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

B20 Indonesia Summit Siagakan Puluhan Relawan Muda

Relawan yang berisi anak-anak muda ini nantinya akan membantu panitia untuk mengarahkan delegasi B20 dan media mengenai agenda yang ada di B20 Summit 2022.
Wahyu Arifin
Wahyu Arifin - Bisnis.com 10 November 2022  |  22:47 WIB
B20 Indonesia Summit Siagakan Puluhan Relawan Muda
Puluhan relawan B20 Summit Indonesia tengah mengikuti briefing di lobby BNDCC, Bali. Relawan yang berisi anak-anak muda ini direkrut oleh Indorelawan dan PemimpinID untuk membantu kesuksesan penyelenggaraan B20 Summit Indonesia 2022 - Bisnis/WAR
Bagikan

Bisnis.com, NUSA DUA - Puluhan relawan atau volunteer yang akan membantu panitia pelaksana B20 Summit terlihat mulai memadati area Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Kamis (10/11/2022). 

Relawan ini direkrut oleh Indorelawan, suatu organisasi nirlaba berbasis jaringan dan PemimpinID, social startup yang nantinya akan membantu panitia untuk mengarahkan delegasi B20 Summit maupun wartawan yang meliput acara tersebut. 

Direktur Eksekutif Indorelawan, Marsya Nurmaranti mengatakan selama beberapa hari sebelum B20 Summit yang digelar pada 13-14 November 2022, relawan yang terpilih akan diberikan pelatihan dan pertemuan seperti mengenal ruangan rapat, ruangan media, area-area booth sponsor dan juga jalur-jalur masuk ke lokasi acara. 

“Jadi relawan ini dibagi menjadi beberapa divisi yakni LO, Venue, Hospitality dan media. Masing-masing akan ditempatkan sesuai divisinya dan tidak bisa masuk ke lokasi lain. Jadi ini memang sangat ketat. Nanti relawan akan benar-benar mengarahkan dan membantu kebutuhan para tamu yang datang,” katanya

B20 Summit menjadi magnet bagi anak muda yang ingin menjadi relawan. Saat seleksi, pendaftarnya mencapai 1.429 pendaftar. Namun hanya 98 orang saja yang akan diterima. Selebihnya, panitia B20 akan dibantu oleh relawan lama di Indorelawan dan PemimpinID.  

Ni Putu Dewi, salah satu relawan yang tergabung dalam panitia B20 Summit mengatakan dapat lolos seleksi menjadi salah satu relawan di forum ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri baginya. 

“Ini acara skala internasional dan bagian dari G20 yang merupakan forum bergengsi. Kita bisa menunggu belasan tahun untuk kembali menjadi tuan rumah. Momen ini sangat langka dan menjadi pengalaman berharga bagi saya untuk ikut terlibat,” ujarnya. 

Hal senada juga dikatakan I Gede Haryadi yang merasa sangat beruntung bisa ikut membantu pemerintah untuk ikut andil dalam upaya pemulihan ekonomi global. Gede yang kebagian menjadi relawan di divisi media melihat dalam forum ini Indonesia menjadi sorotan dunia internasional karena banyak media asing yang meliput. 

Sebelumnya, Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid meminta para relawan di B20 Summit agar bisa menjadi Duta Indonesia dengan menonjolkan nilai-nilai keluhuran dan keramahan serta memberikan pemahaman kepada para delegasi bahwa Indonesia merupakan negara yang ramah dan mendukung investasi asing.    

Sementara itu Chair of B20 Indonesia, Shinta Kamdani berharap, anak muda yang bekerja sebagai relawan tidak hanya membawa semangat, namun juga memastikan peran serta generasi muda di dalam kegiatan yang bersifat internasional salah satunya mampu menjelaskan dengan baik acara B20, mengenai Bali dan mengenai Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Forum Bisnis B20 kadin indonesia ketua umum kadin indonesia Relawan
Editor : Wahyu Arifin
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top