Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bali Fokus Kembangkan Wisata Bahari

Kawasan Pusat Kebudayaan Bali (PKB) yang sedang dibangun di Klungkung bakal dilengkapi dengan pelabuhan wisata.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 23 September 2022  |  16:40 WIB
Bali Fokus Kembangkan Wisata Bahari
Wisatawan antre menaiki kapal cepat untuk menyeberang menuju Nusa Penida di Pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (9/9/2022). Dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) berimbas pada tarif tiket penyeberangan dari Pelabuhan Sanur, Denpasar menuju Nusa Penida, Klungkung yang mengalami kenaikan sejak Rabu (7/9) yaitu dari Rp75.000 menjadi Rp100.000 per orang untuk penumpang domestik dan untuk wisatawan mancanegara dari Rp150.000 menjadi Rp200.000 per orang. - Antara/Nyoman Hendra Wibowo.
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR – Pemerintah Provinsi Bali sedang fokus mengembangkan wisata bahari sebagai destinasi wisata unggulan baru di Pulau Dewata. Wisata bahari yang sedang direncanakan yakni program wisata keliling Bali melalui jalur laut.

Pengembangan wisata bahari direncanakan melalui pembangunan infrastruktur di kawasan strategis seperti pengembangan pelabuhan Sanur, yang bakal menghidupkan segitiga emas Sanur, Nusa Penida dan Nusa Ceningan. Rute potensial untuk keliling Bali dari pelabuhan Sanur yakni ke destinasi unggulan seperti Lovina, Candidasa, Amed, Pemuteran. Pemprov Bali berencana mengembangkan dermaga yang memadai di kawasan tersebut untuk menunjang wisata bahari.

Kawasan Pusat Kebudayaan Bali (PKB) yang sedang dibangun di Klungkung bakal dilengkapi dengan pelabuhan wisata yang bisa menjadi akses wisatawan ke kawasan PKB dari pelabuhan Sanur maupun pelabuhan lainnya di Bali. Wisata bahari juga menjadi salah satu alternatif bagi wisatawan untuk keliling Bali tanpa kemacetan di jalan raya.

Selain itu, Bali juga sedang mengembangkan Bali Maritim Tourism Hub (BMTH) dengan perluasan pelabuhan Benoa, targetnya pada 2025 pelabuhan Benoa bakal memiliki dermaga yang lebih luas yang menunjang bersandarnya banyak kapal pesiar secara bersamaan. Pada 2025 Pelabuhan Benoa juga ditargetkan sebagai home port dari kapal pesiar.

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, menjelaskan, potensi wisatawan mengalami pertumbuhan yang pesat akhir-akhir ini. Bali sebagai salah satu destinasi terkemuka di dunia yang identik dengan pariwisata budaya, juga memiliki keunggulan bagi pengembangan wisata bahari yang berdaya saing global.

“Untuk itu Pemprov Bali dengan dukungan Kementerian/Lembaga terkait beserta pemangku kepentingan lainnya terus berupaya mengakselerasi infrastruktur untuk meningkatkan daya saing wisata bahari di Bali,” jelas Cok Ace dikutip, Jumat (23/9/2022).

Sebelumnya, Pelindo menyebut pada 2022, jumlah wisman yang masuk ke Bali dari jalur laut seperti kapal pesiar mencapai 10.000 orang wisman. Pada 2023, jumlah tersebut akan naik signifikan seiring dengan semakin banyaknya kapal pesiar yang sudah melakukan call untuk berlabuh di Benoa. (C211)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata bali wisata bahari
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top