Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Bali Siapkan Rp4,9 Triliun Untuk Kebutuhan Idulfitri 2022

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali menyiapkan sebanyak Rp4,9 triliun uang tunai untuk kebutuhan menjelang Hari Raya Idulfitri 2022.
warga disaksikan Kepala BI Bali Trisno Nugroho menukar uang di Denpasar. bisnis/istimewa
warga disaksikan Kepala BI Bali Trisno Nugroho menukar uang di Denpasar. bisnis/istimewa

Bisnis.com, DENPASAR—Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali menyiapkan sebanyak Rp4,9 triliun uang tunai untuk kebutuhan menjelang Hari Raya Idulfitri 2022.

Kepala Kantor Perwakilan BI Bali Trisno Nugroho mengungkapkan jumlah tersebut 4 kali lebih besar dari kebutuhan. BI Bali mencatat jumlah uang yang diedarkan pada triwulan I-2022 di daerah ini mencapai Rp1,5 triliun rata-rata setiap bulannya senilai Rp508 miliar.

“Peningkatan aktifitas ekonomi dan pembayaran tersebut diperkirakan akan terus berlanjut pada bulan ramadan dan menjelang idul Fitri 2022 sehingga diperkirakan  kebutuhan uang tunai di masyarakat akan meningkat sebesar Rp 1,115 triliun pada April 2022 atau meningkat sebesar Rp607 miliar (119,4%) bila dibandingkan dengan rata-rata perbulan pada Triwulan I-2022,” tuturnya dikutip dari siaran pers, Kamis (7/4/2022).

Menurutnya, peningkatan pasokan uang tunai dilakukan karena peningkatan wisatawan dan ekonomi telah terjadi di Bali.  Diperkirakan, penyesuaian kebijakan pemerintah untuk pelaku perjalanan dalam negeri tanpa tes rapid antigen bagi yang telah melakukan vaksin dosis ketiga (booster) dan bagi pelaku perjalanan luar negeri dengan menunjukkan hasil PCR di negara asal tanpa karantina menjadi katalisnya.

Untuk mempermudah masyarakat menukarkan uang tunai. BI Bali menyiapkan sebanyak 294 lokasi di seluruh jaringan kantor bank di Provinsi Bali dan layanan kas keliling di 11 titik yang dibuka pada tanggal 4-29 April 2022. Selain itu juga dilayani pemanfaatan sarana digital yaitu melalui web PINTAR (https://pintar.bi.go.id) untuk masyarakat yang ingin melakukan pemesanan penukaran uang rusak di kantor Bank Indonesia dan penukaran uang pecahan kecil di layanan kas keliling Bank Indonesia.

“Melalui pemanfaatan aplikasi tersebut, masyarakat akan lebih mudah untuk menyampaikan pesanan kebutuhan dan mempercepat layanan penukaran serta lebih higienis,” jelasnya.

Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat Rupiah guna mendorong kesadaran masyarakat untuk semakin cinta, bangga dan paham rupiah. Bank Indonesia juga senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memberikan layanan Sistem Pembayaran tunai dan non tunai guna mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443H.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler