Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minibus Pengangkut Penonton MotoGP Tiba di Lombok, Ini Penampakannya

Kendaraan tersebut datang dari pulau Jawa untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi 60.000 penonton MotoGP selama tiga hari mulai 18 - 20 Maret 2022.
Kendaraan yang Bakal Mengangkut Penumpang MotoGP Tiba di Pelabuhan Gili Mas, Lombok Barat./istimewa
Kendaraan yang Bakal Mengangkut Penumpang MotoGP Tiba di Pelabuhan Gili Mas, Lombok Barat./istimewa

Bisnis.com, MATARAM – Kendaraan minibus yang bakal mengangkut penonton MotoGP ke sirkuit Mandalika mulai tiba di pelabuhan Gili Mas, Lombok Barat pada Rabu (16/3/2022) sore. 

General Manager Pelindo III Baharudin menjelaskan jumlah minibus yang tiba pada Rabu siang sebanyak 120 unit minibus.

"Tercatat ada 120 minibus yang tiba sore ini, kedatangan kendaraan sudah mulai dari Selasa malam dan masih berlangsung hinga Rabu malam nanti. Total ada sekitar 200 unit kendaraan yang akan tiba, baik itu bus maupun minibus," jelas Baharudin kepada Bisnis melalui telepon, Rabu (16/3/2022). 

Kendaraan tersebut datang dari pulau Jawa untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi 60.000 penonton MotoGP selama tiga hari mulai 18 - 20 Maret 2022. Terdapat lima titik shutle bus yakni pelabuhan Lembar, Ex Bandara Selaparang kota Mataram, Bandara Internasional Lombok, Pelabuhan Bangsal Lombok Utara, dan Pelabuhan Kayangan Lombok Timur. 

Sementara itu Ketua Organda NTB Junaidi Kasum menjelaskan jumlah kendaraan yang akan tiba di Lombok yakni 278 unit. "Kendaraan sudah mulai tiba secara bertahap. Kendaraan yang tiba memang dari perusahaan resmi," jelas Junaidi. 

Organda juga menyoroti banyak kendaraan yang berasal dari luar daerah datang secara individu dan meminta akses ke sirkuit Mandalika untuk membawa penonton. 

"Kami meminta pemerintah daerah yang membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk tegas menjalankan aturan, dalam SOP Dinas Perhubungan, kendaraan yang meminta stiker khusus untuk akses ke sirkuit harus berasal dari perusahaan transportasi resmi, mereka mengajukan persyaratan dan dicek dokumennya, berapa jumlah kendaraannya. Saat ini banyak dari luar daerah datang secara individu dan tiba-tiba diberikan stiker khusus," jelas Junaidi. 

Kapasitas parkir di Mandalika yang terbatas harus menjadi pertimbangan Dinas Perhubungan NTB dalam memberikan stiker khusus kendaraan ke sirkuti Mandalika.

"Saat ini belum ada estimasi pasti berapa jumlah kendaraan yang bisa ditampung di parkir timur maupun parkir barat. Kami khawatir kendaraan terlalu banyak dan parkir jadi terlalu jauh dari sirkuit," ungkap Junaidi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler