Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Badung Segera Bangun Pembangkit Listrik Hidro Statis

Ini dicoba untuk menyuplai listrik di area pusat pemerintahan dulu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Januari 2022  |  11:20 WIB
Ilustrasi saluran pembangkit listrik tenaga air. - meta
Ilustrasi saluran pembangkit listrik tenaga air. - meta

Bisnis.com, BADUNG - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, dalam waktu dekat segera Pembangkit Listrik Tenaga Hidro Statis (PLTHS) yang merupakan energi terbarukan dan ramah lingkungan.

"Bagaimanapun juga saat ini kebutuhan listrik di Bali masih dipenuhi dari pembangkit listrik di Paiton. Sebaiknya Bali mandiri energi. Mungkin ada suatu teknologi terbarukan yang bisa membantu Bali," Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa dalam keterangannya di Mangupura, Kamis (27/1/2022).

Ia berharap PLTHS bisa diujicoba dan dibuatkan percontohan dulu di kawasan Pusat Pemerintahan Badung yang setiap bulannya menghabiskan dana sekitar Rp600 juta untuk biaya pemakaian listrik.

"Ini dicoba untuk menyuplai listrik di area pusat pemerintahan dulu, apabila setengah saja kebutuhan listrik yang kami butuhkan nisa terpenuhi, berarti energi ini terbukti. Kami di Badung sangat membutuhkan ini karena eco friendly dan sangat efisien," katanya.

Sekda Adi Arnawa menjelaskan nantinya Badung bisa menjadi pilot project PLTHS sepanjang energi Pembangkit Listrik Tenaga Hidro Statis mampu menjawab kebutuhan energi listrik agar Badung bisa mandiri dengan teknologi baru itu.

Selain itu, Pemkab Badung juga akan melakukan rapat internal untuk menjawab pembangkit listrik tenaga terbaru tersebut. Pihaknya juga akan menjadwalkan tim untuk turun melihat demonstrasi produk di kawasan Pecatu, Badung.

"Karena kami sangat membutuhkan energi ini, mudah-mudahan ini bisa jalan sesuai harapan. Silahkan teman-teman tim mengkaji dan kami sikapi pembangunan yang nanti direncanakan berada di Ungasan," ucapnya.

Sementara itu, Perwakilan Hydrodynamic Energy Conversion Technology (HYGEN STG) Hendarto menjelaskan pihaknya menjamin energi PLTHS tersebut ramah lingkungan, murah dan bisa di bangun dimana saja.

Menurutnya, Pembangkit Listrik Tenaga Hidro Statis juga tidak menggunakan bio solar yang bahannya dari fosil, karena menghasilkan residu dan merusak alam.

"Semoga teknologi yang kami bawa ini bisa menghasilkan kemandirian energi untuk Badung, bahkan Bali. Saat ini Bali masih bergantung kepada Paiton dan ke depan kita bangun ini agar Bali tidak lagi bergantung. Kalau kami bangun lebih banyak titik, efisiennya akan sangat maksimal dan menghemat biaya," kata Hendarto.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembangkit listrik badung

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top