Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPD Bali Sabet Penghargaan Bank Daerah Penyalur KUR Terbaik Secara Nasional

Inovasi yang dilakukan melalui kurbali.com telah mempercepat proses penyaluran KUR di Bali.
BPD Bali
BPD Bali

Bisnis.com, MATARAM - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali menjadi bank daerah penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbaik secara nasional.

Penghargaan ini diberikan karena penyaluran KUR di BPD Bali pada 2021 mencapai 20 persen dari penyaluran kredit UMKM. Selain itu inovasi yang dilakukan melalui kurbali.com telah mempercepat proses penyaluran KUR di Bali.

Direktur Utama BPD Bali I Nyoman Sudharma menjelaskan percepatan penyaluran KUR pada 2021 dilakukan dengan program Membangun Masyarakat Bali (Mesari) yakni program kredit KUR klaster sektor produksi dengan tambahan benefit subsidi bunga 3,00 persen dari bank.

"Dengan subsidi bunga, nasabah tidak perlu membayar bunga karena bungan 0,00 persen. Hingga Juni 2022 ada tambahan subsidi bunga dari pemerintah sebesar 3,00 persen," jelas Sudharma dikutip dari rilis, Selasa (18/1/2022).

Penerima KUR melalui program Mesari juga mendapat subsidi iuran BPJS Ketenagakerjaan dari Bank yang memiliki 2 manfaat yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dan sekaligus mendapatkan capacity building bagi klaster yang memenuhi kriteria bersumber dari dana CSR atau TJSL Bank.

Penyaluran KUR ini merupakan salah satu solusi yang ditawarkan Bank BPD Bali dalam rangka percepatan akses keuangan di daerah sekaligus mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Untuk itu, penyaluran KUR juga didorong untuk mendukung kebijakan-kebijakan Pemda di Bali seperti penyaluran KUR pada klaster-klaster garam tradisional Bali untuk mendukung kebijakan Gubernur tentang pemanfaatan garam lokal.

"Penyaluran KUR juga mendukung kebijakan kemandirian pangan di Bali melalui. Pembiayaan klaster endek untuk mendukung kebijakan Gubernur tentang penggunaan kaien endek bali," ujar Sudharma.

Penyaluran KUR juga dilakukan terintegrasi layanan digital QRIS untuk membangun ekosistem digital kepada nasabah BPD Bali. Program Mesari juga bagian dari proses diversifikasi ekonomi Bali sehingga Bali tidak hanya mengandalkan pariwisata.

"Kami berharap penyaluran KUR dapat mendukung kemandirian perekonomian Bali sehingga Bali dapat memiliki beberapa sektor ekonomi andalan selain sektor pariwisata," kata dia.

Pada 2021 BPD Bali berhasil menyalurkan KUR 20 persen dari penyaluran kredit UMKM. hingga Desember 2021 penyaluran kredit UMKM Bank BPD Bali telah mencapai 45,05 persen dari total kredit, dengan total penyaluran kredit mencapai Rp19,8 triliun yang tumbuh sebesar 3,54 persen (YoY), jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit perbankan Bali. (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper