Realisasi Kredit KUR BSI di NTB Rp304 Miliar

Untuk mengoptimalkan realisasi KUR pada 2022, BSI Nusa Tenggara menjajaki beberapa program.
Ilustrasi./Bisnis-Arief Hermawan P
Ilustrasi./Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, MATARAM - Realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di NTB melalui Bank Syariah Indonesia (BSI) sebesar Rp304 miliar selama periode 2021.

Data dari BSI mencatat nilai realisasi di NTB tersebut mendominasi kredit KUR di Bali Nusa Tenggara yang total realisasinya Rp329 miliar. BSI KCP Pejanggik 2 Mataram barat menjadi kantor KCP penyalur terbesar di Nusa Tenggara dengan nilai Rp132 miliar.

Area Manager BSI Nusa Tenggara Sukma Dwi Priardie menjelaskan realisasi kredit KUR di NTB menyasar sektor halal. "KUR kami fokuskan mendukung sektor halal, termasuk pengembangan pariwisata halal. Kami menyalurkan ke UMKM ke sektor halal," jelas Dwi, Kamis (13/1/2022).

Untuk mengoptimalkan realisasi KUR pada 2022, BSI Nusa Tenggara menjajaki beberapa program seperti pengembangan usaha petrashop berbasis pesantren. "Kami akan menggandeng pesantren dalam pengembangan usaha petrashop dengan skema pembiayaan KUR. Kami juga sedang mengagendakan kerjasama dengan Pemprov NTB untuk peningkatan realisasi KUR, apa keinginan dari Pemprov NTB, kami sedang menunggu waktu Pak Gubernur untuk bertemu," kata Dwi.

Pada 2022 BSI menargetkan lima masjid menjadi pilot project pengembangan ekonomi syariah berbasis masjid. BSI bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk menjalankan program tersebut. "Kami ingin masjid menjadi pusat pemberdayaan ekonomi syariah di NTB, tahun 2022 target kami 5 masjid," kata Dwi.

Nilai aset BSI di NTB juga mendominasi dibandingkan dua provinsi lainnya yakni Bali dan Nusa Tenggara. Nilai aset di NTB Rp3 triliun dari Rp4,3 triliun aset BSI di Bali Nusa Tenggara. "NTB secara aset mendomonasi, 70 persen aset BSI ada di NTB, pertumbuhan asetnya 13 hingga 14 persen per tahun," jelas Dwi. (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper