Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penelusuran Hotel di Bali Meningkat

Kedatangan wisatawan nusantara mulai menunjukkan perbaikan pada Oktober 2021.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, DENPASAR — Penelusuran hotel di Bali meningkat seiring dengan penurunan pembatasan kegiatan masyarakat yang sebelumnya berada pada level 4.

Berdasarkan data Bank Indonesia yang mengutip hotelinsights.withgoogle.com per tanggal 2 Oktober 2021, penelusuran hotel di Bali lebih dominan dilakukan oleh pencari domestik daripada pencari internasional. Secara rinci, pencari dari Bali mencapai 32 persen, Australia hanya 6 persen, USA 5 persen, dan India 3 persen.

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Bali Trisno Nugroho mengatakan sejak September 2021, penelusuran hotel di Bali meningkat. Namun, penerlusuran hotel dari pencari google di kawasan internasional masih terbatas.

"Penelurusan hotel di Bali pada mesin pencarian google dari pasar dometik mengalami tren peningkatan semenjak PPKM turun ke level 3, sedangkan penelusuran dari pasar internasional masih relatif rendah seiring belum dibukanya border internasional dan masih tingginya fear factor untuk perjalanan wisata," katanya, Kamis (4/11/2021).

Sementara itu, kedatangan wisatawan nusantara mulai menunjukkan perbaikan pada Oktober 2021. Selama awal tahun sampai dengan 24 Oktober 2021, kedatangan penumpang domestik mencapai 1,2 juta orang. Jumlahnya memang masih lebih rendah dibandingkan periode sama pada 2020 yang sebanyak 1,29 juta orang.

Penurunan terdalam justru terjadi pada penumpang internasional yang terkontraksi minus 99,96 persen selama awal tahun samapi dengan 24 Oktober 2021 dibandingkan periode sama tahun lalu. Selama 1 Januari sampai 24 Oktober 2021, kunjungan penumpang internasional hanya sebanyak 426 penumpang, sedangkan periode sama tahun lalu ada sebanyak 1,21 juta penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper