Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi KUR di Denpasar Capai Rp2,3 Triliun

Saat ini penyaluran KUR di Kota Denpasar dapat dikatakan sangat baik. Namun, diharapkan perbankan penyalur KUR agar senantiasa memprioritaskan penyaluran bagi UMKM yang belum tersentuh permodalan.
Kredit Usaha Rakyat./Istimewa
Kredit Usaha Rakyat./Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR - Realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kota Denpasar mencapai angka Rp2,3 triliun yang didominasi KUR mikro dan kecil.

Secara rinci, realisasi penyaluran KUR tersebut terdiri atas KUR Kategori Mikro yang telah disalurkan sebanyak Rp549,27 miliar yang disalurkan ke 19.057 rekening, KUR Kategori Kecil Rp614,7 miliar ke 2.840 rekening, dan KUR Kategori Mikro dan Kecil Rp1,16 triliun ke 21.897 rekening.

Plt. Kadis Koperasi dan UMKM Kota Denpasar I Made Saryawan mengatakan Pemerintah Kota Denpasar terus berkomitmen dalam mendukung dan memfasilitas UMKM di Kota Denpasar untuk mendapatkan akses permodalan. Dengan adanya akses permodalan yang mumpuni diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM di Kota Denpasar.

Menurutnya, saat ini penyaluran KUR di Kota Denpasar dapat dikatakan sangat baik. Namun, pihaknya tetap mendorong sektor perbankan penyalur KUR agar senantiasa memprioritaskan penyaluran bagi UMKM yang belum tersentuh permodalan.

“Jadi kami berharap juga agar penyaluran KUR juga menyasar UMKM yang masih kecil, termasuk pelaksanaan pemibinaan berkelanjutan, seperti pedagang canang dan PKL, sehingga kedepanya dapat berkembang dan berdaya saing,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK regional VIII Bali Nusra Gusti Bagus Adi Wijaya mengatakan, untuk di Kota Denpasar penyaluran KUR sudah sangat baik. Hal ini pun harus dibarengi dengan penetapan sejumlah kebijakan dari pemerintah, seperti halnya subsidi KUR tambahan dan restrukturisasi KUR yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Kami juga berharap kepada Pemkot Denpasar agar terus melaksanakan pembinaan terhadap penerima KUR, sehingga nanti mereka tidak hanya menjadi Usaha Kecil terus, melainkan dapat berkembang dan berdaya saing,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper