Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Platform Asal Bali Ramerame.co.id Fasilitasi Pelaku UMKM Berpromosi

Platform informasi bisnis asal Bali, ramerame.co.id meluncurkan fitur promo #tebusmurahramerame untuk membantu memfasilitasi UMKM di Pulau untuk berpromosi di era pandemi.
Tangkapan layar situs ramerame-bisnis/istimewa
Tangkapan layar situs ramerame-bisnis/istimewa

Bisnis.com, DENPASAR—Platform informasi bisnis asal Bali, ramerame.co.id meluncurkan fitur promo #tebusmurahramerame untuk membantu memfasilitasi UMKM di Pulau untuk berpromosi di era pandemi.

Program ini berupa kesempatan bagi pelaku UMKM menggunakan fitur di ramerame.id untuk membuat promo-promo yang tujuannya meningkatkan awareness serta penjualan. Dalam fitur ini, pelaku usaha dapat mengikuti program voucher senilai Rp1.000 per lembar yang dapat digunakan untuk transaksi di merchant-merchant pelaku usaha di seluruh Bali. Termasuk 14 merchant yang terbangun melalui ramerame.co.id. 

“Kami berupaya berkontribusi menggerakkan transaksi UMKM agar roda perekonomian terus berputar. Bagi sebagain orang mungkin melihat gerakan ini dinilai masih kecil, tetapi poin yang ingin kami sampaikan bahwa ini adalah salah satu gerakan kecil yang akan menjadi besar dan akan berdampak langsung bagi perputaran ekonomi Bali,” ujar Founder dan CEO ramerame.co.id I Gusti Putu Bayu Susila dikutip dari siaran pers, Jumat (8/10/2021).

Ramerame.co.id adalah platform informasi bisnis buatan lokal Bali yang memungkinkan anggotanya untuk bisa ikut berkolaborasi dan memiliki usaha. Para kolborator akan mendapatkan return dari usaha yang dikolaborasikan dan bisa diawasi langsung dari akun masing-masing pengguna.

Dia menjelaskan, syarat untuk mendapatkan voucher ini dapat dilakukan dengan mendaftar melalui website ramerame.co.id dan melengkapi akun sehingga otomatis akan menjadi anggota. Bayu menyatakan program ini dibuat sebagai salah satu strategi untuk menggerakkan sektor UMKM di Pulau Dewata. BPS Bali mencatat selama semester I-2021, ekonomi Bali tumbuh negatif atau terkontraksi sedalam -3,73 persen.

Pertumbuhan yang lambat ini disebabkan oleh penurunan tajam pendapatan dari sektor utama Bali yaitu pariwisata. Jumlah wisatawan mancanegara di Bali telah menurun sejak awal pandemi hingga 99,97 persen pada Mei 2020. Bali mengalami kerugian sekitar 9,7 triliun Rupiah setiap bulan dari sektor pariwisata saja. Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Sumber Daya Mineral Provinsi Bali, per 25 Mei 2020, sebanyak 71.313 tenaga kerja sektor formal di-PHK dan 2.570 orang kehilangan pekerjaan.

Menurutnya, sektor UMKM memiliki peran sangat vital bagi perekonomian Bali bahkan ikut menjadi tulang punggung ekonomi daerah. Namun, seiring terjadinya kontraksi ekonomi akibat Covid-19, sektor UMKM juga tidak luput dari hantaman yang membuat mereka banyak terkendala dalam berusaha. Padahal, sektor ini menjadi gantungan harapan hidup banyak warga. 

Diakuinya pemerintah sudah melakukan upaya membantu UMKM di Bali untuk tetap tumbuh melalui berbagai program. Pihaknya berharap, dengan upaya kecil yang dilakukan oleh RAMERAME.CO.ID melalui tagar #TebusMurahRamerame dapat memberi sumbangsih bagi kebangkitan pelaku UMKM di Bali dari pandemi.

Bayu menegaskan awalnya pihaknya menciptakan fitur promo ini bertujuan untuk meningkatkan transaksi dari usaha - usaha yang dimiliki oleh member RAMERAME.CO.ID. Dia menegaskan bahwa usaha - usaha tersebut sepenuhnya dimiliki oleh anggota yang ikut berkolaborasi, dimana dengan semakin meningkat penjualannya akan berdampak positif terhadap profit yang akan diperoleh para kolaborator. Dalam perkembangannya fitur ini juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM lainnya yang ingin tergabung sebagai merchant di RAMERAME.CO.ID untuk meningkatkan transaksi dari usaha - usahanya.

“Saatnya pelaku UMKM untuk bangkit meskipun masih berat tetapi harapan itu ada dan terbuka lebar. Pengembangan fitur kami ini diharapkan bisa menginisiasi pihak lain termasuk pengusaha lokal untuk tergerak. UMKM harus terus digerakkan agar dapat menggerakkan perekonomian daerah khususnya Bali,” ujarnya. 

Ditambahkan oleh tim legal ramerame.co.id Made Gde Subha Karma Resen,kiprah RAMERAME.CO.ID ini merupakan upaya mengangkat marwah kolaborasi. Hal ini bagian dari semangat kegotongroyongan dalam wadah demokrasi ekonomi yang berkelanjutan.

“Modal utama dalam berkolaborasi adalah trust dan prudent. Kepercayaan yang dibangun dengan mengutamakan prinsip kehati-hatian, sehingga kesiapan dalam melakukan mitigasi risiko  merupakan keandalan  ramerame.co.id yang selalu mengindahkan transparansi dan aspek legal,” tegas salah satu pakar hukum Universitas Udayana ini.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Feri Kristianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper