Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dorong Penyaluran Kredit, BPR Lestari Optimistis Kredit Bermasalah Terjaga

BPR Lestari Bali berencana akan menyalurkan kredit senilai Rp1,2 triliun kepada pelaku usaha pariwisata dan turunannya.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  18:12 WIB
Suasana kawasan wisata Pantai Kuta yang ditutup sementara tampak lengang di Badung, Bali, Minggu (31/5/2020). Salah satu destinasi pariwisata utama di Pulau Dewata tersebut masih ditutup dari aktivitas masyarakat dan kunjungan wisatawan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. - Antara/Fikri Yusuf\n
Suasana kawasan wisata Pantai Kuta yang ditutup sementara tampak lengang di Badung, Bali, Minggu (31/5/2020). Salah satu destinasi pariwisata utama di Pulau Dewata tersebut masih ditutup dari aktivitas masyarakat dan kunjungan wisatawan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. - Antara/Fikri Yusuf\\n

Bisnis.com, DENPASAR - PT BPR Lestari Bali optimistis mampu menjaga rasio kredit bermasalah di tengah upaya mendorong penyaluran kredit.

Teranyar, BPR Lestari Bali berencana akan menyalurkan kredit senilai Rp1,2 triliun kepada pelaku usaha pariwisata dan turunannya.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, hingga Februari 2021, penyaluran kredit BPR Lestari naik 0,46 persen dibandingkan dengan posisi akhir tahun lalu (year to date/ytd) menjadi Rp3,9 triliun. Pada akhir 2020, penyaluran kredit BPR Lestari juga tercatat tumbuh 10,02 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Direktur Utama PT BPR Lestari Bali Pribadi Budiono mengatakan, pertumbuhan penyaluran kredit pada akhir 2020, memang diikuti kenaikan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL). Tahun-tahun sebelumnya, BPR Lestari mencatat NPL berada pada level di bawah 1 persen, tetapi pada 2020 posisinya meningkat menjadi 2,4 persen.

"Dari risiko masih managable sesuai di bawah ketentuan otoritas yang maksimal 5%," katanya, Kamis (25/3/2021).

Di tengah upaya menggenjot kredit, BPR Lestari juga memastikan biaya pencadangan yang telah dibentuk masih sesuai dengan ketentuan regulasi. Biaya pencadangan yang dibentuk diyakini masih cukup untuk menghadapi risiko pemburukan kualitas kredit.

"Pencadangan BPR Lestari cukup sesuai regulasi," sebutnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan kredit bpr
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top