Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

12 Unit Kendaraan Listrik akan Beroperasi di ITDC Bali

Pemanfaatan kendaraan elektrik yang ramah lingkungan di kawasan The Nusa Dua akan semakin memperkuat positioning kawasan sebagai destinasi pariwisata.
Uji coba motor listrik di ITDC.
Uji coba motor listrik di ITDC.

Bisnis.com, DENPASAR - Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC, BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB mulai mengoperasikan 12 unit kendaraan listrik yang merupakan pinjaman dari PT HPP Energy Indonesia sebagai upaya mewujudkan green & sustainable tourism.

Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan penggunaan kendaraan listrik ini sejalan dengan komitmen ITDC untuk mewujudkan sustainable tourism. Sehingga untuk tahap awal, dilakukan uji coba 12 unit 2-Wheel Electric Vehicle (2 WEV) yang akan dimanfaatkan sebagai kendaraan operasional bagi karyawan dan tenant di Kawasan The Nusa Dua, dengan 2 lokasi BEx yang berada di depan Kantor ITDC serta Kantor Security, Safety and Fire Brigade The Nusa Dua.

“Kami berharap dengan pemanfaatan electric vehicle dalam kawasan ini dapat menjadikan The Nusa Dua sebagai kawasan percontohan Bali Energi Bersih," tuturnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (28/12/2020).

Menurutnya, pemanfaatan kendaraan elektrik yang ramah lingkungan di kawasan The Nusa Dua akan semakin memperkuat positioning kawasan sebagai destinasi pariwisata yang menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism.

Direktur Utama PT HPP Energy Indonesia Hisashi Murakami menuturkan ITDC sebagai partner kerjasama akan membantu penelitian HEIN untuk pengembangan teknologi transportasi masa depan.

"Kendaraan roda dua menggunakan baterai yang diserahkan ke ITDC ini memiliki spesifikasi antara lain jarak tempuh sejauh 69 km pada kecepatan 40 km/jam, Max Torque: 18.0N.m, Max Power: 4.2 kW yang ditenagai oleh dua baterai lithium Ion berkapasitas 50.4V," ungkap Hisashi.

Selain menyediakan 12 unit 2 WEV, sambungnya, HEIN juga menyiapkan 2 unit battery exchanger (BEx) untuk The Nusa Dua selama periode perjanjian yang berakhir pada Juni 2021, sementara ITDC akan membantu HEIN mengumpulkan data yang diperlukan selama proses uji coba. Battery exchanger (BEx) merupakan anjungan untuk menukarkan baterai yang telah habis dayanya dengan baterai yang sudah terisi penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Luh Putu Sugiari
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper