Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adaptasi Kebiasaan Baru, Bali Pasarkan Hasil Pertanian Secara Daring

Dengan sistem pemasaran digital ini, petani mendapatkan harga jual yang lebih tinggi dan konsumen memeroleh harga yang wajar.
Layanan Pasar Mitra Tani dalam aplikasi Gojek.
Layanan Pasar Mitra Tani dalam aplikasi Gojek.

Bisnis.com, DENPASAR - Pemerintah Provinsi Bali memasarkan hasil pertanian daring dalam layanan Pasar Mitra Tani yang masuk di aplikasi Gojek sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru pada era pandemi Covid-19 .

Melalui layanan ini, masyarakat di Pulau Dewata dapat membeli berbagai bahan makanan pokok di empat lokasi yakni di Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Gianyar, dan Tabanan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali Ida Bagus Wisnuardhana mengatakan dalam era digitalisasi pemasaran melalui digital harus dibangun dan dikembangkan secara berkesinambungan. Tujuannya agar produk-produk pertanian dapat dikenal lebih luas dan dapat memangkas mata rantai pemasaran.

“Dengan sistem pemasaran digital ini, petani mendapatkan harga jual yang lebih tinggi dan konsumen memeroleh harga yang wajar. Pemasaran secara digital ini diharapkan juga mencegah monopoli, kartel, dan oknum pengepul yang nakal, karena produsen bisa menjual langsung kepada konsumen secara daring," jelasnya, Jumat (4/12/2020).

Lebih lanjut dia mengungkapkan selama ini ada beberapa kelompok tani yang telah dibina dengan membentuk wadah seperti korporasi untuk pengolahan dan pemasaran, namun belum berjalan efektif. Hal ini karena terbatasnya informasi pasar dalam memeroleh produk yang diinginkan serta terbatas informasinya tentang pembeli oleh petani.

"Hal inilah yang mendorong Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggandeng Gojek. Sebagai perusahaan teknologi dengan jaringan yang luas dan memiliki aplikasi online yang handal, diharapkan dapat membantu mempermudah distribusi dan pemasaran produk pertanian," tuturnya.

Kepala Kebijakan Publik Hubungan Pemerintahan Gojek wilayah Bali Nusra Charly Raya menuturkan kolaborasi Gojek dengan sektor pemerintah dalam mengakses bahan-bahan pangan berkualitas ini menjadi sebuah langkah strategis, utamanya di saat pandemi ini.

Menurut Charly, kerja sama dengan Toko Tani Indonesia Center/ TTIC melalui Pasar Mitra Tani ini tidak hanya membuka akses bagi para mitra untuk memperkuat UMKM melalui perputaran roda ekonomi, namun juga mendukung program Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui layanan belanja daring yang mengedepankan protokol kesehatan dengan menerapkan Program J3K yakni Jaga Kebersihan, Kesehatan, dan Keamanan

”Kerja sama ini telah dilakukan juga antara Gojek dan Kementerian Pertanian. Perhatian dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk membantu masyarakat Bali agar dapat mengakses sembako murah sekaligus mencegah penyebaran pandemi sangat baik sekali," tambahnya.

Untuk mengakses layanan ini, konsumen cukup membuka aplikasi Gojek, masuk ke pilihan fitur GoFood dan masukkan kata kunci “Pasar Mitra Tani” ke dalam kotak pencarian [search].

Konsumen bisa memilih berbagai jenis bahan pangan yang ada di dalam Pasar Mitra Tani seperti biasa dan akan diantar ke lokasi pemesanan sesuai dengan alamat tujuan pemesanan. Ongkos pengiriman belanja di Pasar Mitra Tani Indonesia ini gratis hingga Rp20.000 dengan jarak maksimal 25 km, berlaku hingga pertengahan Desember 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Luh Putu Sugiari
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper