Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peminat Pengantaran dan Pengambilan Berkas Adminduk di Denpasar Meningkat

GoSend dapat menjadi alternatif baru dalam pemanfaatan teknologi untuk pengiriman dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.
Langkah pengambilan dokumen kependudukan melalui Gosend.
Langkah pengambilan dokumen kependudukan melalui Gosend.

Bisnis.com, DENPASAR — Jumlah masyarakat yang memanfaatkan layanan pengambilan dan pengantaran berkas dokumen administrasi dan kependudukan atau adminduk di Kota Denpasar menggunakan jasa aplikasi terus meningkat seiring masih tingginya kasus Covid-19 di ibu kota Bali.
 
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Denpasar Dewa Gde Juli Artabrata sejak diluncurkan awal September hingga hingga mendekati akhir Oktober sudah lebih dari 100 orang yang memanfaatkan layanan nirsentuh ini. Meski masih sedikit jika dibandingkan pengurusan dokumen yang mencapai 700 berkas per hari, tetapi angka tersebut merupakan pertanda baik.

Dia menduga makin banyaknya pengambilan menggunakan jasa Gojek dikarenakan masyarakat semakin paham perlunya mengurangi kontak fisik dan juga faktor kesibukan.
 
“Berkas yang diambil bervariasi mulai dari akta hingga surat kependudukan lain. Sekarang kan masih pandemi, sehingga orang akan memilih lebih baik pakai jasa gosend Gojek saja. Selain itu faktor sudah adanya pengertian dari masyarakat,” jelasnya, Minggu (25/10/2020).
 
Pemkot Denpasar melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menggandeng Gojek untuk mempermudah masyarakat Denpasar dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Kerja sama ini memanfaatkan layanan GoSend, solusi pengiriman barang atau dokumen di aplikasi Gojek untuk membantu penjemputan dan pengantaran dokumen kependudukan warga kepada Disdukcapil. Mitra driver Gojek akan mengantarkan dokumen dari titik penjemputan di rumah warga ke Kantor Disdukcapil kota Denpasar untuk diproses.
 
Jika dokumen kependudukan telah selesai diproses, Disdukcapil akan mengirim dokumen tersebut ke warga melalui layanan GoSend. Proses pengambilan maupun pengantaran dokumen di Kantor Disdukcapil Denpasar yang sudah terbungkus dalam keadaan aman dan rapi ini dilakukan melalui loket pelayanan dan antrian khusus bagi mitra driver, sehingga waktu layanan menjadi lebih singkat.

Mitra Driver Gojek beroperasi dengan mengedepankan protokol J3K yang mengutamakan upaya menjaga kesehatan, kebersihan dan keamanan serta melengkapi diri dengan masker dan alat perlindungan diri lainnya bagi mitra Gojek.
 
Layanan tambahan ini merupakan inovasi lanjutan setelah sebelumnya Si Taring (sistem pendaftaran daring, pencetakan berkas mandiri dari rumah, hingga pencetakan menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Adapun berkas yang dapat diambil meggunakan jasa Gosend seperti Akta pernikahan, kelahiran hingga kematian, KTP, Kartu Keluarga, surat keterangan pindah serta Kartu indentitas anak (KIA).
 
Dewa memperkirakan jumlah warga yang memanfaatkan layanan pengantaran dan pengambilan dokumen ini akan semakin meningkat ke depannya. Menurutnya, warga yang memanfaatkan sistem pengambilan dan pengantaran ini akan mendapatkan banyak keuntungan. Mereka tidak perlu antri serta tidak khawatir berpotensi tertular virus Covid-19 karena melakukan kontak fisik dengan orang tidak dikenal.

Bagi Disdukcapil Denpasar, semakin banyak warga menggunakan pengambilan menggunakan gosend akan membantu pemerintah daerah untuk mempraktikkan kesehatan dan keselamatan. Sistem ini juga menguntungkan karena pelayanan tetap dapat berjalan sesuai dengan protokol kesehatan.

Dewa menyakini sistem ini merupakan solusi sehingga mengurangi jumlah antrian di mall pelayanan publik Graha Sewaka Dharma. Apalagi berdasarkan survei BPS Pusat, mall pelayanan publik merupakan salah satu sarana umum yang rentan menjadi penyebaran virus Covid-19.
 
Pihaknya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan GoSend dalam pengurusan pengambilan dokumen setelah selesai pengurusan sehingga dapat menghindari keramaian yang berpotensi terhadap penyebaran pandemi. Ditegaskan olehnya, integrasi layanan GoSend dapat memudahkan masyarakat dalam pengambilan dokumen tanpa harus ke Graha Sewaka Dharma.
 
“Disdukcapil Denpasar juga telah menyiapkan loket khusus untuk GoSend dan perwakilan pegawai Disdukcapil yang akan mencatat nomor registrasi dan nomer order GoSend sehingga keamanan dan kerahasiaan dokumen akan tetap terjaga,” tuturnya.
 
Head of Government Relations Gojek Bali Nusra Charly Raya mengatakan pada prinsipnya, Gojek hadir untuk menyelesaikan friksi kehidupan masyarakat sehari-hari. Apalagi dengan tatanan kehidupan baru, Gojek berharap layanan-layanannya dapat diandalkan untuk membantu masyarakat.

Dalam konteks kerja sama ini, GoSend dapat menjadi alternatif baru dalam pemanfaatan teknologi untuk pengiriman dokumen kependudukan dan pencatatan sipil sehingga masyarakat dapat mengurangi kontak fisik dan menekan laju penyebaran COVID-19.
 
“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Denpasar yang telah memberikan kepercayaannya kepada mitra kami untuk dapat membantu pengurusan dokumen-dokumen penting seperti Kartu Tanda Penduduk [KTP] dan Kartu Identitas Anak [KIA] di Denpasar,”jelasnya dikutip dari keterangan tertulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper