Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Maksimalkan Kearifan Lokal

Pengembangan sarana dan prasana pendukung pariwisata di Labuan Bajo juga terus berjalan dengan dukungan dari berbagai kementerian/lembaga.
Ni Putu S.W. Susila
Ni Putu S.W. Susila - Bisnis.com 12 September 2020  |  22:49 WIB
Labuan Bajo - maritim.go.id
Labuan Bajo - maritim.go.id

Bisnis.com, DENPASAR — Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores melakukan strategi memaksimalkan kekuatan budaya serta konten lokal yang otentik untuk pengembangan produk wisata di kawasan Labuan Bajo, NTT.

Hal ini dilakukan untuk menghadirkan destinasi wisata premium di samping pengembangan destinasi serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Direktur Utama BOPLBF Shana Fatina mengatakan bahwa pihaknya sedang mendorong inkubasi berbagai kegiatan kreatif seperti seni pertunjukan, seni musik, seni tari, fesyen, dan kuliner dengan melibatkan komunitas-komunitas yang ada sehingga nantinya dapat berinteraksi dengan wisatawan.

“Pekerjaan rumah paling besar saat ini adalah mengaktifkan komunitas itu, meyakinkan masyarakat bahwa konsep premium dalam pengembangan pariwisata di Labuan Bajo dan Flores adalah bagaimana menyuguhkan konten lokal yang otentik kepada wisatawan," ujarnya saat melalui siaran pers, Jumat (11/9/2020).

Dia menyampaikan bahwa belum lama ini BOPLBF juga gencar memberi pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat agar apa yang mereka kerjakan selama ini dapat memberi manfaat kesejahteraan dari sisi pariwisata dengan mengembangkan SDM di dalamnya.

"Sebanyak 66 persen masyarakat di Labuan Bajo bukan bekerja di sektor pariwisata. Namun, bagaimana mereka bisa mendapatkan manfaat dari pariwisata, bagaimana mereka menjadi petani yang baik, peternak yang baik dan makmur karena produk yang mereka hasilkan bisa diserap pariwisata," lanjutnya.

Shana menjelaskan bahwa pengembangan sarana dan prasana pendukung pariwisata di Labuan Bajo juga terus berjalan dengan dukungan dari berbagai kementerian/lembaga. Seperti jalan-jalan utama dengan lebar trotoar sampai 2,5 meter dan dilengkapi dengan pepohonan serta tanaman juga lanskap yang baik. Selain itu ada pembangunan jalan yang akan tersambung ke Manggarai serta Tanamori.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

labuan bajo
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top