Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengintip Protokol Kebersihan dan Kesehatan Hotel di Bali Saat Adaptasi Kebiasaan Baru

Liburan dekat rumah kini telah menjadi salah satu kegiatan alternatif berwisata yang terbilang cukup aman di masa transisi atau disebut juga dengan era adaptasi kebiasaan baru. Untuk itu, ada staycation yang bisa menjadi pilihan berlibur di masa adaptasi kebiasaan baru.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 31 Agustus 2020  |  15:32 WIB
Salah satu rekan media diperiksa suhu tubuhnya di Hotel The One Legian pada Sabtu (29/8/2020). Bisnis - luh putu sugiari
Salah satu rekan media diperiksa suhu tubuhnya di Hotel The One Legian pada Sabtu (29/8/2020). Bisnis - luh putu sugiari

Bisnis.com, DENPASAR— Bertepatan dengan usia ke-9, tiket.com mengajak awak media merasakan bagaimana panduan adaptasi kebiasaan baru di akomodasi wisata di Bali dengan tema sembilan atau semangat kembali liburan. 

Bali dipilih karena sebagai salah satu magma pariwisata Indonesia, tetapi juga menjadi wilayah percontohan dibukanya kembali geliat pariwisata domestik. Tiket.com ingin lebih meningkatkan kepercayaan para pelanggannya untuk tetap aman berwisata dengan meluncurkan program bernama tiket Clean. Ini adalah fitur terbaru dari tiket.com yang memastikan partner tiket.com untuk memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan juga kebersihan yang dikeluarkan secara resmi oleh badan PBB seperti organisasi kesehatan dunia WHO.

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com mengungkapkan bahwa tiket Clean adalah sebuah kepercayaan dan rasa aman kepada seluruh pelanggan tiket.com untuk bisa kembali mulai melakukan kegiatan liburannya sesuai adaptasi kebiasaan baru yang menjunjung standar protokol kebersihan & kesehatan. 

“Ini juga sebagai upaya kami untuk turut mempercepat pemulihan bisnis bagi partner Tiket.com lewat CLEAN stamp agar semakin mendorong minat berlibur masyarakat,” ujar Gaery, jelasnya Sabtu (29/8/2020).

Program ini menjamin pelanggan tiket.com untuk mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan protokol kesehatan dan kebersihan yang memadai berdasarkan protokol global dari partner hotel yang telah mengikuti tiket Clean. Program tiket Clean diikuti oleh sederet partner hotel dari berbagai klasifikasi, mulai dari tipe homestay hingga bintang lima. HIngga Agustus 2020,sudah lebih dari 5.500 mitra partner hotel atau homestay tiket Clean, dan jumlahnya akan terus bertambah setiap waktunya.

Adapun media yang diajak ke Bali dan menjadi tempat staycation ada tiga hotel itu yaitu, The One Legian, Aston Kuta, dan Infinity8 Jimbaran.  Ketiganya yang juga termasuk mitra tiket Clean telah menerapkan prosedur aturan protokol kebersihan dan kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru. Di tiga hotel tersebut, mulai dari tamu memasuki gerbang hotel akan dilakukan cek suhu tubuh oleh petugas atau security di gerbang.

Hal tersebut juga akan berlaku kepada tamu yang datang menginap saat tiba di pintu depan sebelum memasuki lobby hotel, karena setiap tamu juga akan dicek suhu tubuhnya. Hanya tamu atau pendamping yang suhu tubuhnya di bawah 37,5 derajat celcius saja yang diperkenankan untuk masuk. Pihak hotel juga menyiapkan touchless hand sanitizer dispenser.

Di meja resepsionis, tamu pun akan disambut oleh GRO (Guest Relations Officer) hotel yang telah menggunakan atribut protokol adaptasi baru berupa face shield dan masker. Di meja resepsionis juga disediakan hand sanitizer serta papan bertuliskan "area wajib masker".

Jika tamu tidak menggunakan masker, petugas hotel juga menyediakan fasilitas masker di resepsionis. Setelah melakukan proses check in, tamu yang telah melakukan reservasi melalui aplikasi tiket.com akan diberikan paket tiket CLEAN x Antis sanitizing Kit berupa masker, hand sanitizer, dan wipe tissue secara gratis yang dapat digunakan selama staycation.

Adaptasi protokol kesehatan baru untuk memutus penyebaran pandemik juga berlangsung di sejumlah bagian penting hotel yang menjadi mitra tiket CLEAN seperti saat memasuki lift akan terdapat sejumlah marka pengingat untuk setiap tamu agar dapat menjaga jarak. Kapasitas lift juga dibatasi, maksimal hanya untuk 4 orang saja, disesuaikan dari ukuran lift. 

Berlanjut memasuki area kamar, setiap handle pintu kamar telah digantungkan tanda bertulisan “kamar ini sudah di disinfeksi. Beberapa fasilitas di dalam kamar pun terdapat beberapa perubahan dari standar regular sebelumnya, di mana seluruh fasilitas gelas di dalam kamar telah menggunakan gelas sekali pakai atau paper and plastic cup, hal ini tentu guna mencegah penyebaran virus melalui penggunaan gelas kaca yang biasanya digunakan kembali oleh tamu kamar berikutnya walaupun telah dilakukan standar pembersihan. 

Selain itu fasilitas seperti handuk-handuk di kamar mandi telah dikemas masing-masing menggunakan plastic zip lock guna memastikan bahwa handuk yang diterima tetap bersih bebas kuman sampai di tangan tamu. Sementara bagi pelanggan yang sudah mempunyai rencana ingin staycation tetapi masih bingung menentukan tanggal menginap karena kondisi yang tidak menentu selama pandemi Covid 19 ini, tiket.com pada bulan Juni 2020 lalu menghadirkan fitur terbaru untuk pelanggannya dengan mengedepankan fleksibilitas pemakaian produk melalui fitur tiket FLEXI. tiket FLEXI merupakan fitur terbaru dari tiket.com yang memungkinkan pelanggan untuk membeli produk di tiket.com tanpa harus menentukan tanggal. tiket FLEXI memberikan pelanggan fleksibilitas maksimum dalam memesan akomodasi sesuai dengan tanggal masuk (check-in date) yang diinginkan oleh pelanggan melalui voucher (open date voucher). 

Saat ini partner hotel yang bergabung dengan tiket FLEXI telah mencapai lebih dari 400 partner hotel domestik dan beberapa hotel Internasional seperti hotel-hotel di Singapura, Malaysia, dan Thailand. Hotel-hotel yang berada di kota besar di Indonesia juga sudah banyak yang ikut serta dalam tiket FLEXI seperti di wilayah Bali dan Nusa Tenggara ada lebih dari 75 hotel.

"Pelanggan bisa membeli hotel keluarga favorit dengan harga terbaik, tanpa memikirkan tanggal liburannya terlebih dahulu.  Dengan mencapai lebih dari 400 partner hotel domestik yang tersebar di kota besar di Indonesia yang ikut serta dalam tiket FLEXI, kami yakin jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan antusiasme partner maupun pelanggan untuk menggunakan tiket FLEXI ini. Karena tiket FLEXI memberikan fleksibilitas waktu sampai 1 tahun untuk bisa digunakan,” ujar Gaery.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel pariwisata covid-19
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top