Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pembangunan Kawasan Wisata Puncak Waringin Ditargetkan Rampung Akhir 2020

Puncak Waringin yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Kota Labuan Bajo, merupakan lokasi wisata yang berada di ketinggian.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 Juli 2020  |  12:45 WIB
Puncak Waringin lokasi menyaksikan matahari terbenam di Labuan Bajo. Antara - Kornelis Kaha
Puncak Waringin lokasi menyaksikan matahari terbenam di Labuan Bajo. Antara - Kornelis Kaha

Bisnis.com, KUPANG - Pembangunan kawasan wisata dan ekonomi kreatif Puncak Waringin di Labuan Bajo ditargetkan selesai pada Desember 2020, kata Direktur Badan Otoritas Pariwisata (BOP) Labuan Bajo Flores, Shana Fatina di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (17/7/2020).

"Targetnya semuanya selesai pada Desember 2020 untuk menarik minat wisatawan berkunjung," katanya berkaitan dengan perkembangan pembangunan puncak waringin di Labuan Bajo.

Shana mengatakan bahwa ada dua tahap pembangunan Puncak Waringin. Tahap pertama berupa rumah payung kini sudah mencapai 100 persen pembangunan. Sementara tahap dua yang di sekitarnya masih dalam pengerjaan dan baru mencapai sekitar 30 persen.

Puncak Waringin yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Kota Labuan Bajo, merupakan lokasi wisata yang berada di ketinggian. Puncak Waringin bagi warga Labuan Bajo merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan panorama ketika matahari mulai tenggelam (sunset) dengan pemandangan lanskap budaya berupa Pelabuhan Labuan Bajo beserta aktivitas manusia di sekitarnya, laut, serta gugusan pulau.

Top Mini Puncak Waringin memiliki arti puncak (dengan tanaman) pohon beringin. Lahan Puncak Waringin merupakan lahan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat.

"Lahan tersebut kini dibangun dengan beragam fasilitas bangunan berarsitektur unik untuk dijadikan sebagai pusat kegiatan ekonomi kreatif," ujar dia.

Ia menambahkan pembangunan kawasan Puncak Waringin bertujuan untuk mendukung Labuan Bajo sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional.

Untuk mendukung itu, pembangunan tidak hanya menyasar bangunan, tetapi juga pembangunan infrastruktur pendukung lainnya seperti jalan dan sebagainya.

Kepala Balai Jalan Nasional NTT Mukthar Napitupulun menambahkan dari sisi pembangunan infrastruktur jalan sedang dalam pembangunan yang panjangnya mencapai 64 kilometer.

"Untuk pembangunan infrastruktur jalan ditargetkan selesai pada tahun ini. Dan ada sembilan paket jalan yang dibangun," ujar dia.

Sebelumnya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas RI Suharso Monoarfa saat melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo untuk pertama kali dan memantau pembangunan Puncak Waringin mengatakan ekonomi di Labuan Bajo diyakini mampu berkembang pesat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ntt labuan bajo

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top