Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bali Tingkatkan Kesiapsiagaan Penanganan Jenazah Covid-19

Seluruh rumah sakit rujukan Covid-19, wajib membentuk tim pemulasaran jenazah.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 23 Juni 2020  |  20:59 WIB
Petugas kesehatan mengambil sampel darah sejumlah warga dalam test cepat Covid-19 secara massal di Kelurahan Sesetan, Denpasar, Bali, Minggu (21/6/2020). - Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Petugas kesehatan mengambil sampel darah sejumlah warga dalam test cepat Covid-19 secara massal di Kelurahan Sesetan, Denpasar, Bali, Minggu (21/6/2020). - Antara/Nyoman Hendra Wibowo

Bisnis.com, DENPASAR - Kasus Covid-19 di Bali dari transmisi lokal terus mmeningkat, kini mencapai 771 orang dari total 1.116 orang kasus yang ada Pulau Dewata.

Merespons fakta tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bali melakukan peningkatan kesiapsiagaan terhadap penanganan jenazah yang diatur dalam dua tim, yaitu tim pemulasaran jenazah dan tim evakuasi atau pemakaman.

"Seluruh rumah sakit rujukan Covid-19, wajib membentuk tim pemulasaran jenazah," katanya melalui siaran pers, Selasa (23/6/2020).

Dewa Indra mengatakan tim evakuasi atau pemakaman dibentuk dari unsur luar rumah sakit dengan tugas pokok membantu evakuasi ke instalasi penanganan atau pemulasaran jenasah. Mengkoordinasikan pihak-pihak yang terkait seperti keluarga korban, keamanan dan/atau tempat pemakaman atau krematorium. Mengkoordinasikan mobil jenazah, membantu evakuasi dari kamar jenazah dan ditempat pemakaman.

"Tim penanganan jenazah agar melibatkan TNI dan Polri," jelasnya.

Hingga hari ini, sambungnya, jumlah pasien positif dalam perawatan dalam kasus aktif sebanyak 468 orang yang berada di 11 rumah sakit, dan dikarantina di Bapelkesmas, UPT Nyitdah dan BPK Pering. Sedangkan jumlah pasien yang telah sembuh sejumlah 639 orang, terdapat penambahan 24 orang WNI, yakni 1 orang PMI dan 23 orang Transmisi lokal.

Untuk pasien yang meninggal sejumlah 9 orang, yakni 7 orang WNI dan 2 orang WNA.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top